Awal Mula Permainan Sepak Bola

IQROZEN | Banyak versi yang menyebutkan sejarah pertama permainan bola kaki atau yang kini populer dengan sebutan sepak bola. Saya mencoba merangkum beberapa artikel terkait sejarah lahirnya sepak bola sebagaimana literatur yang bertebaran di internet. Sebelumnya saya juga telah memposting Asal-usul Olahraga Lari.

Sejarah Sepak Bola

Menurut Bill Muray dalam bukunya The World Game: A History of Soccer, permainan sepak bola sudah dikenal sejak awal Masehi. Pada saat itu, masyarakat Mesir Kuno sudah mengenal teknik membawa dan menendang bola yang terbuat dari buntalan kain linen. Kemudian, pada zaman Yunani Purba juga telah mengenal sebuah permainan yang disebut episcuro, tidak lain adalah permainan menggunakan bola. Bukti sejarah ini tergambar pada relief-relief museum yang melukiskan anak muda memegang bola dan memainkannya dengan pahanya.

Sementara itu, Inggris adalah negara yang memulai sejarah sepak bola modern dan telah mendapat pengakuan dari berbagai pihak. Sepak bola modern dimainkan pada pertengahan abad ke-19. Tahun 1857 beridiri klub sepak bola pertama di dunia, yaitu: Sheffield Football Club.

Pada tahun 1863, berdiri asosiasi sepak bola Inggris, yang bernama Football Association (FA).
Badan ini yang mengeluarkan peraturan permainan sepak bola, sehingga sepak bola menjadi lebih teratur, terorganisir dan asyik untuk dinikmati penonton.

Selanjutnya tahun 1886 terbentuk lagi badan yang mengeluarkan peraturan sepak bola modern se-dunia, yaitu: International Football Association Board (IFAB). IFAB dibentuk oleh FA Inggris dengan Scottish Football Association, Football Association of Wales, dan Irish Football Association di Manchester, Inggris.

Sejarah permainan sepak bola
By  GOOGLE

Permainan Sepak Bola

Dan kini, kita dapat menikmati pertunjukkan dari permainan sepak bola di bawah naungan FIFA yang terus mendukung perkembangan sepak bola di negara manapun. Indonesia merupakan salah satu negara anggota FIFA yang menjadi negara Asia pertama mengikuti perhelatan putaran final Piala Dunia (lihat Kejayaan Sepakbola Indonesia Tempoe Doeloe). Sayangnya, waktu itu, timnas Indonesia masih atas nama Hindia-Belanda. Lalu, sekarang bagaimana?