Sungguh Diluar Dugaan Manfaat Air Bagi Tubuh Manusia

IQROZEN | Air adalah sumber kehidupan, bahkan ada yang berpendapat jika Allah menciptakan kehidupan di bumi melalui air. Apapun teorinya, kita tetap harus berpegang bahwa nabi Adam adalah manusia pertama yang diciptakan oleh Allah Swt. Terlepas dari itu semua, tidak dapat dipungkiri banyak sekali manfaat air, namun jika berlebihan maka air juga berbahaya. Demikian halnya api yang kecil dapat menjadi sahabat tetapi api besar akan membahayakan umat. Baca Asal usul Api Menurut Islam.

Kembali pada topik, bahwa air memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia dan seluruh makhluk hidup yang ada di permukaan bumi ini. Terkhusus bagi manusia, air dapat mendukung dan menjaga kesehatan tubuh. Untuk lebih lengkapnya silakan simak uraian tentang Manfaat Air Bagi Tubuh Manusia berikut ini.

Sungguh Diluar Dugaan Manfaat Air Bagi Tubuh Manusia
Taken by id.wikipedia

Manfaat Air

Berikut beberapa manfaat air yang saya rangkum dari berbagai sumber terpercaya...

Mempertahankan Keseimbangan Cairan Tubuh

Fakta bahwa tubuh manusia sekitar 60 persennya berupa cairan sebagaimana wujud dari air.  Fungsi-fungsi cairan ini adalah untuk proses pencernaan, penyerapan, sirkulasi, produksi air ludah, transportasi nutrisi, dan mempertahankan suhu tubuh. Nah, dengan mengkonsumsi air maka cairan dalam tubuh tidak akan mengalami kemarau alias kekeringan.


Membantu Mengendalikan Kalori

Air dalam tubuh mampu mengontrol tingkat kalori sebagaimana orang yang sedang menjalani program diet akan melakukan kebiasaan banyak minum air putih sebagai strategi menurunkan berat badan. Para pelaku diet menggunakan air putih sebagai pengganti minuman berkalori tinggi.


Membantu Membangkitkan Kerja Otot

Sel-sel yang tidak mampu mempertahankan keseimbangan akan cairan dan elektrolit akan berakibat pada kelelahan otot. Ketika sel-sel otot tidak memiliki cairan yang cukup, mereka tidak akan berfungsi dengan baik dan kemampuannya berkurang.  American College of Sports Medicine merekomendasikan bahwa dua jam sebelum berolahraga sebaiknya seseorang meminum 17 ons cairan.


Menjaga Cahaya Warna Kulit

Kulit sebenarnya mengandung banyak air dan berfungsi sebagai benteng dalam mencegah ekses hilangnya cairan tubuh. Namun, jangan harap kelebihan cairan dapat dijadikan sebagai cara ampuh menghilangkan kerutan dari garis pada kulit.


Memelihara Fungsi Ginjal

Cairan tubuh merupakan media yang juga mentransportasikan sisa atau limbah untuk keluar dan masuk ke dalam sel. Racun utama dalam tubuh adalah nitrogen urea darah, sejenis cairan yang dapat melewati ginjal untuk kemudian diproses dan dieksresikan dalam bentuk urine.  Ketika tubuh memiliki cukup cairan, urine akan mengalir bebas, jernih, dan bebas bau. Ketika tubuh tidak punya cukup cairan, konsentrasi urine, warna, dan bau akan lebih kentara karena ginjal harus menyerap cairan ekstra untuk menjalankan fungsinya. Tak heran bila minum sedikit air, risiko mengalami batu ginjal akan meningkat terutama pada iklim hangat atau panas.


Membantu Fungsi Usus

Asupan air yang cukup bagi tubuh akan membuat makanan yang melewati saluran cerna (usus) dapat lancar dan mencegah terjadinya konstipasi. Maka, ada baiknya jika makan harus diimbangi dengan minum agar tidak tersedak di tenggorokan, usus dan seterusnya.

Dan, terakhir sudah barang tentu air dapat menetralisir berbagai macam racun yang masuk ke dalam tubuh kita. Subhanallah demikian keagungan Allah dalam menciptakan kehidupan ini dengan dilengkapi perangkat yang sempurna meski tiada manusia yang sempurna.