Inilah Manfaat Wortel bagi Kesehatan Tubuh

IQROZEN | Wortel atau yang dikenal dalam bahasa latin Daucus Carota Linn, merupakan jenis sayuran buah yang sangat populer dikonsumsi, baik buah segar maupun dikonsumsi dalam bentuk jus wortel. Selain itu, wortel yang dijadikan sayur juga memberi keuntungan besar bagi perkembangan tubuh manusia. Baca juga Asal-usul Penciptaan Manusia.


Manfaat Wortel

Cukup banyak pembahasan terkait manfaat wortel yang diketahui memiliki banyak manfaat. Dan berikut ini sedikit daftar manfaat wortel bagi tubuh kita:


Menyehatkan Mata

Kandungan vitamin A yang tinggi dan beta karoten pada wortel adalah zat yang bisa memberikan manfaat untuk kesehatan mata. Sayangnya, zat gizi yang terkandung di dalam wortel tidak dapat menyembuhkan kebutaan, hanya dapat memperbaiki kerusakan akibat kekurangan vitamin A. Sifatnya yang antioksidan dapat mencegah katarak dan degenerasi makula yang kerap menimpa para lansia.

Menurunkan Kolesterol

Banyak pakar kesehatan sependapat bahwa penurunan kadar kolesterol di dalam tubuh manusia dipengaruhi kandungan calcium pectate, jenis serat larut yang ada pada wortel.

Mencegah Kanker

Penelitian yang dilakukan Marilyn Menkes, Ph.D di State University New York menunjukkan orang yang tubuhnya rendah kadar betakarotennya berisiko terkena kanker paru-paru. Karenanya, beliau menganjurkan agar para perokok mengonsumsi wortel dan bahan makanan lainnya yang tinggi karoten untuk mencegah kanker paru.


Mengobati Sembelit

Serat yang terkandung pada wortel menaikkan volume feses hingga 25% sehingga urusan ke belakang menjadi lancar.

Meningkatkan Kesuburan

Wortel dianggap makanan super sangat baik untuk kesuburan dan membantu meningkatkan kualitas dan kuantitas sperma. Tak sebatas itu, masih ada manfaat kesehatan lain dari mengonsumsi wortel. Berikut, daftar enam manfaat yang kesehatan dari mengonsumsi wortel, seperti dilansir Healhtmeup.

Menghindari Penuaan Dini

Wortel dianggap makanan anti- penuaan karena kaya beta-karoten, sebuah antioksidan yang melawan radikal bebas.( Simak artikel Manfaat Buah Tomat Dapat Menurunkan Kolesterol).

Menambah Kecantikan

Wortel kaya akan antioksidan dan vitamin A dimana bertanggung jawab untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku.

Memerangi Penyakit Kardiovaskular

Wortel terdiri dari betakaroten, alfakaroten dan lutein merupakan antioksidan yang baik untuk melawan kolesterol. Wortel juga berserat, karena itu membantu mengeluarkan "kolesterol jahat".

Kesehatan Gigi

Konsumsi wortel meningkatkan kesehatan gigi dengan membersihkan plak. Selain itu, mengunyah wortel juga bisa meningkatkan produksi air liur, sehingga menyeimbangkan kadar asam yang melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

Meningkatkan Kesehatan Hati

Wortel dianggap makanan detoks, contohnya ialah membersihkan organ hati. Wortel juga membantu mengurangi penyimpanan lemak di hati dan empedu.

Mencegah Infeksi

Wortel mentah atau direbus yang diletakkan pada luka bisa berfungsi sebagai antiseptik.
Manfaat Wortel