Keutamaan Membaca Kitab Suci Al Qur'an

IQROZEN | Apa Keutamaan Membaca Alquran? Inilah pertanyaan mendasar yang sering diajukan umat Islam yang kurang memahami Pengertian Islam secara benar. Banyak umat Islam yang gemar membaca Alquran tanpa memahami isi atau kandungan ayat-ayat yang dibacanya. Hal ini masih lebih baik bila dibanding dengan mereka yang mengaku beragam Islam tetapi enggan bahkan tidak sama sekali membaca Alquran seumur hidupnya. Berbagai alasan pun dikemukakan, mulai dari tidak bisa mengaji sampai kesibukan yang menyita waktunya.

Sejarah perkembangan Islam tidak terlepas dari nilai-nilai autentik dan keutamaan yang terkandung dalam Alquran. Hanya dengan membacanya saja, Alquran sudah mampu memberi kedamaian hati dan pikiran bagi para pembacanya. Berikut beberapa keutamaan membaca Alquran yang dapat saya rangkum dan posting dalam blog sederhana ini.

Keutamaan Membaca Alquran

Ada banyak fadhilah atau keutamaan ketika seseorang membaca Alquran, sebagaimana dalam kitab Riyadhus Shalihin, Imam Nawawi Al-Bantani Al-Jawi memaparkan hadis-hadis yang berkenaan dengan keutamaan membaca Alquran, yakni:

Akan menjadi syafaat bagi pembacanya di hari kiamat

Dari Abu Amamah RA, aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Bacalah Al-Qur’an, karena sesungguhnya ia akan menjadi syafaat bagi para pembacanya di hari kiamat.” (HR. Muslim)

Mendapatkan predikat insan terbaik

Dari Usman bin Affan RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Tirmidzi)

Aunillah Az Zaini gemar membaca Alquran
Dokumen Pribadi

Akan bersama Malaikat di akhirat

Dari Aisyah RA, berkata; bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Orang yang membaca Al-Qur’an dan ia mahir membacanya, maka kelak ia akan bersama para malaikat yang mulia lagi taat kepada Allah.” (HR. Bukhari Muslim)

Mendapatkan pahala dua kali lipat, bagi yang belum lancar

“Dan orang yang membaca Al-Qur’an, sedang ia masih terbata-bata lagi berat dalam membacanya, maka ia akan mendapatkan dua pahala.” (HR. Bukhari Muslim)

Akan diangkat derajatnya oleh Allah

Dari Umar bin Khatab RA, Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya Allahswt. akan mengangkat derajat suatu kaum dengan kitab ini (Al-Qur’an), dengan dengannya pula Allah akan merendahkan kaum yang lain.” (HR. Muslim)

Mendapatkan ketenangan hidup

Dari Abu Hurairah ra. Rasulullah saw. bersabda, “Tidaklah suatu kaum berkumpul di salah satu rumah-rumah Allah untuk melantunkan ayat-ayat suci Al-Qur’an dan mempelajarinya, melainkan akan turun kepada mereka ketengangan, akan dilingkupi pada diri mereka dengan rahmat, akan dilingkari oleh para malaikat, dan Allah pun akan menyebut (memuji) mereka di hadapan makhluk yang ada di dekat-Nya.” (HR. Muslim)

Demikian beberapa keutamaan membaca Aquran dan tentu masih banyak keutamaan yang lain. Hal terpenting adalah marilah kita senantiasa menghidupkan ayat-ayat Alquran dalam keseharian aktivitas sehingga berbagai kebaikan menjadi teman sejati hidup kita. Bacalah walau satu ayat!