Amalan Utama di Hari Jumat

IQROZEN | Jumat merupakan hari yang istimewa bagi umat Islam karena terdapat sholat Jumat berjamaah yang menggantikan sholat dhuhur, terutama bagi kaum pria. Selain itu, masih banyak lagi keutamaan di hari Jumat yang menuntut kaum Muslim untuk menunaikan amalan terbaiknya. Salah satu amalan di hari Jumat yang dianjurkan dan paling mudah untuk dilakukan adalah membaca shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagaimana hadis yang menyebutkan, "Perbanyaklah shalawat kepadaku pada hari dan malam Jumat, karena barangsiapa yang bershalawat kepadaku maka Allah akan bershalawat kepadanya 10 kali." (HR. Baihaqi).
Baca juga Kata-kata Cinta dalam Hadis Rasulullah Saw

Amalan Hari Jumat

Tentu masih ada banyak amalan lainnya yang tidak kalah fadhilah atau keutamaannya bagi mereka yang melaksanakan di hari Jumat. Berikut daftar amalan di hari Jumat versi IQROZEN:
  1. Bersih-bersih diri (mandi besar, potong kuku, cukur kumis dan bulu lainnya yang tersembunyi)
  2. Bersiwak
  3. Bersegera menghadiri sholat Jum'at (khusus pria)
  4. Membaca Al-Qur'an, berdzikir ketika di dalam masjid
  5. Berjalan kaki menuju sholat Jum'at
  6. Mendengar khutbah Jumat (Sebelumnya silakan baca Ringkasan Khutbah Jumat)
  7. Perbanyak sholat sunnah sebelum dan sesudah sholat Jumat
Amalan Utama Hari Jumat

Demikian amalan yang biasanya dilakukan oleh banyak orang dan baik dilaksanakan pada hari Jumat, dengan harapan menjadi pemberat timbangan amal kebaikan kita kelak di akhirat. Semoga Allah masih memperkenankan kita untuk bertemu dengan Jumat-Jumat yang akan datang dan memberi kemudahan kepada kita semua untuk menunaikan AMALAN HARI JUMAT. Amiin ya Robbal 'Alamiin...