Penjelasan Paling Sederhana Terkait Rukun Iman

IQROZEN | Islam sebagai agama rahmatan lil 'alamin masih belum mampu dipahami secara menyeluruh bahkan oleh umat Islam itu sendiri. Hal ini juga dapat dipicu karena keterbatasan dalam memahami arti Islam dengan sebenar-benarnya.

Selain memahami, umat Islam juga harus meyakini segala hal yang telah termaktub dalam tuntunan ajaran Islam sebagaimana yang telah disampaikan oleh Rasulullah Saw. Karena dengan meyakini atau mengimani, seseorang tidak akan berada dalam kebimbangan dan keraguan untuk melakukan apapun yang telah diimaninya tersebut.

Pengertian Rukun Iman
Iman menurut bahasa adalah membenarkan dan menurut istilah berarti meyakini dengan hati, mengucapkan dengan lisan dan membuktikannya dalam amal perbuatan. Lebih jelas lagi bahwa Rasulullah telah menguraikan arti rukun iman dalam beberapa hadisnya, salah satunya Rasulullah bersabda, “Kamu beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya, para Rasul-Nya, hari akhir, dan kamu beriman kepada takdir yang baik dan yang buruk.” (HR. Muslim no. 9)

Rukun Iman Ada 6

1. Iman Kepada Allah.
Percaya dan yakin akan keberadaan Allah yang Maha Esa dengan segala kebesaran-Nya. Selanjutnya melaksanakan perintah-Nya dan menjauhi semua larangan-Nya.

2. Iman Kepada Malaikat Allah.
Meyakini keberadaan malaikat Allah sebagai makhluk yang taat / patuh dan tidak pernah berbuat dosa. Malaikat adalah makhluk yang diciptakan dari cahaya dan bertugas sesuai dengan amanah yang telah diberikan Allah.

3. Iman Kepada Kitab Allah.
Mempercayai adanya kitab-kitab Allah yang diturunkan kepada beberapa nabi dan Rasul untuk menjadi pedoman hidup seluruh manusia di muka bumi ini. Salah satu kitab tersebut adalah Al-Qur'an yang menjadi pedoman hidup manusia hingga akhir zaman.

4. Iman Kepada Rasul Allah.
Mempercayai dan meyakini keberadaan Rasul yang ditugaskan oleh Allah untuk mengajak seluruh manusia menyembah hanya kepada Allah semata.

5. Iman Kepada Hari Kiamat.
Meyakini adanya hari akhir dan hari pembalasan, sehingga manusia yang hidup di bumi ini dapat menjaga amal kebaikannya sebagai bekal kelak di akhirat.

6. Iman Kepada Takdir (Qada dan Qadar).
Mempercayai apa pun yang menimpa dan terjadi adalah sudah menjadi kehendak Allah Swt penguasa jagat raya ini.

http://iqrozen.blogspot.com

Inilah rukun iman yang semoga dapat tumbuh subur dalam hati sanubari setiap umat manusia dan mampu diderivasikan dalam kehidupan sehari-hari.