Cara Mengetahui Jenis Batu Akik Asli

IQROZEN | Batu akik menjadi buah bibir hampir di berbagai media masa dan media sosial, di kantor, di pasar hingga di gang-gang tempat nongkrong. Nilai eksotik batu akik menjadi salah satu penarik simpati para penggemarnya, meski ada juga yang meyakini kekuatan magic di dalamnya yang mempengaruhi kualitas batu akik. Lalu, bagaimana pandangan ulama terkait fenomena batu akik tersebut? Silakan temukan jawabannya di Batu Akik Merupakan Jenis Batu Mulia.

Jenis Batu Akik Asli

Beragam jenis batu akik yang beredar di masyarakat, mulai dari kecubung, jamrud, bacan, yakut, pirus, sulaiman, ruby, lavender, labrador dan masih banyak lagi. Namun bagaimana cara kita mengetahui apakah batu itu asli atau palsu? Karena tidak dapat dipungkiri bahwa zaman modern seperti sekarang hampir semua dapat diduplikasi termasuk organ tubuh manusia.

Cara mengetahui jenis batu akik asli atau palsu sebenarnya banyak versi, setidaknya yang harus diperhatikan adalah kandungan serat yang tampak di dalam batu apabila dikenai cahaya. Maka cara pertama untuk mengetahui jenis batu akik asli cukup dengan membawa senter atau alat penerang lainnya. Batu alami pasti memiliki serat-serat natural dan unik yang dapat dilihat ketika terkena sinar cahaya, berbeda dengan batu masakan atau buatan manusia yang tampak jernih tanpa serat meski disorot cahaya berkali-kali.

Cara selanjutnya adalah dengan merasakan batu tersebut apakah ada unsur dinginnya atau biasa saja, menurut beberapa pengguna batu akik akan terasa dingin terutama saat ditempelkan di pipi. Selanjutnya dengan menimbang berat batu akik, batu yang asli akan lebih berat dibanding batu masakan meski ukurannya sama persis.

Gambar Batu Akik Asli
Taken by news.viva.co.id
Demikian Cara Mengetahui Jenis Batu Akik Asli yang dapat saya posting kali ini, tentu masih banyak cara lain yang belum mampu saya utarakan. Yang terpenting kita tidak salah menafsirkan peranan batu akik itu sendiri, apakah sekedar cincin atau ada hal lain yang tersembunyi di baliknya... Wallahu'alam...