Ramalan Bintang Zodiak bagi Muslim

iqrozen.blogspot.com | Banyak orang yang masih sangat mempercayai hasil ramalan, contohnya zodiak atau ramalan bintang. Hal ini akan semarak terutama memasuki tahun baru, bulan baru atau waktu-waktu yang dianggap baru. Lalu, bagaimana seorang Muslim menyikapi hal-hal demikian? Bolehkah umat Islam larut dan mempercayai di samping mengimani takdir Allah?
Sebelumnya baca juga artikel terkait HAM dalam Pendangan Islam.

Ramalan Bintang Zodiak bagi Muslim

Rasulullah SAW bersabda: “Siapa yang mempelajari ilmu nujum berarti ia telah mempelajari cabang dari ilmu sihir, apabila bertambah ilmu nujumnya maka bertambah pulalah ilmu sihirnya.” (HR. Ahmad dengan sanad hasan).

Hadis tersebut dengan jelas dan tegas menyatakan bahwa ilmu nujum (yang termasuk dalam hal ini adalah ramalan bintang) merupakan bagian dari sihir. Bahkan Rasulullah menyatakan bahwa apabila ilmu nujum-nya itu bertambah, maka hal ini berarti bertambah pula ilmu sihir yang dipelajari orang tersebut.

Sedangkan hukum sihir itu sendiri adalah haram dan termasuk kekafiran, sebagaimana Allah berfirman yang artinya: “Dan mereka mengikuti apa yang dibaca oleh syaitan-syaitan pada masa kerajaan Sulaiman (dan mereka mengatakan bahwa Sulaiman itu mengerjakan sihir), padahal Sulaiman tidak kafir (tidak mengerjakan sihir), hanya syaitan yang kafir (mengerjakan sihir).” (Qs. Al Baqarah: 102)

Zodiak hari ini
Mereka yang mempercayai ramalan bintang, secara langsung maupun tidak langsung menyatakan bahwa ada zat selain Allah SWT yang mengetahui perkara gaib yang telah sedang akan terjadi. Padahal Allah telah menegaskan dalam Al-Qur’an bahwa tidak ada yang mengetahui perkara yang gaib kecuali Dia. Sebagaimana firman Allah yang artinya: “Katakanlah: Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah.” (QS. An-Naml:65).

Dalam ayat lain, Allah menegaskan bahwa sesungguhnya hanya Allah, hanya pada sisi-Nya sajalah pengetahuan tentang hari Kiamat; dan Dia-lah yang menurunkan hujan, dan mengetahui apa yang ada dalam rahim. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. dan tiada seorangpun yang dapat mengetahui di bumi mana Dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui lagi Maha Mengenal. (QS. Luqman: 34).

GAMBAR ZODIAK
Bagaimana bintang anda tahun ini?
Gambar Zodiak Taken by google
Demikianlah ulasan tentang hukum meyakini zodiak. Marilah selalu berhati-hati atas tipu daya syaithan yang selalu menjerumuskan manusia ke lembah jahanam. Silakan anda memilih dan meyakini apa yang anda kehendaki, namun batasan manusia tetap milik Allah semata. Semua kelak akan berpulang kepada Allah jua.