Keutamaan Sholat Subuh Menurut Imam Muslim

IQROZEN | Bangun awal waktu merupakan hal positif yang telah diajarkan Rasulullah hingga turun ke nenek moyang kita. Mungkin pernah orang tua kita berpesan agar jangan gemar bangun siang, nanti rezekinya dipatuk ayam. Sekilas memang unreasonable, tetapi bila direnungkan bahwa dengan bangun dan melafazkan niat yang baik di awal hari mampu memberi energi tersendiri sebelum menjalani rutinitas.

Tahukah anda jika Tim Cook, CEO Apple, memilih waktu pagi sekitar pukul 04.30 untuk mengirim email kantor setiap harinya. Kemudian Jack Dorsey, pendiri Twitter juga selalu memulai harinya pukul 05.30. Richard Branson, pendiri Virgin Group, mengawali rutinitas hariannya pada pukul 05.45. Dan masih banyak lagi bukti orang-orang sukses memulai harinya sejak pagi buta.

Sholat Subuh

Sebagai Muslim tentu wajib menunaikan sholat Subuh yang merupakan bagian dari sholat wajib lima waktu. Meski hanya dua rakaat, sholat Subuh terbilang sulit dan paling sering ditinggalkan umat Islam dengan berbagai alasannya. Salah satu alasan adalah tempat kerja yang jauh sehingga buru-buru berangkat pagi dan melewatkan sholat Subuh demi bekerja membangun ekonomi keluarga.

Padahal, selain merupakan kewajiban bagi umat Islam, sholat Subuh memiliki banyak keutamaan sebagaimana ceramah banyak dai tentang pahala sholat Subuh. Dan kali ini BLOG IQROZEN berkesempatan memposting dua hadis Rasulullah yang diriwayatkan penulis Islam terpopuler dengan ribuan karya spektakulernya, Imam Muslim.

Pertama, “Barangsiapa yang shalat Subuh maka dia berada dalam jaminan Allah. Oleh karena itu jangan sampai Allah menuntut sesuatu kepada kalian dari jaminan-Nya. Karena siapa yang Allah menuntutnya dengan sesuatu dari jaminan-Nya, maka Allah pasti akan menemukannya, dan akan menelungkupkannya di atas wajahnya dalam neraka jahannam.” (HR. Muslim).

Kedua, “Barangsiapa yang shalat isya` berjama’ah maka seolah-olah dia telah shalat malam selama separuh malam. Dan barangsiapa yang shalat Subuh berjamaah maka seolah-olah dia telah shalat seluruh malamnya.” (HR. Muslim).


Keutamaan Sholat Subuh Menurut Imam Muslim
Keutamaan Sholat Subuh

Bagaimana dengan sholat Subuh saudara sekalian? Semoga Allah selalu mudahkan kita untuk menunaikan sholat Subuh dan membebaskan diri kita dari belenggu setan yang melalikan kita dari sholat Subuh. Ada motivasi lain tentang sholat Subuh, silakan tambahkan di kolom komentar agar artikel ini lebih bermanfaat. Terima kasih