Tips Terhindar dari Sifat Sombong yang Merusak Hati Manusia

IQROZEN | Keombongan adalah perkara yang mengiringi kehidupan manusia sejak awal keberadaannya di bumi. Tidak terhitung jumlah manusia yang celaka karena memperturutkan kesombongan yang mendominasi kepribadian hidupnya. Hal ini sekiranya yang berulang-ulang disampaikan Rasulullah kepada umatnya untuk mengikis kesombongan dalam diri, sekecil apapun bentuk kesombongan itu.

Sebaliknya orang-orang yang rendah hati akan selalu merasa nyaman dalam menjalani kehidupa di dunia yang sementara ini. Karena apapun bentuk gemerlapnya kehidupan di alam fana ini, tidak sedikitpun masuk dan bersemayam di dalam hatinya. Dirinya selalu bersyukur atas apa yang ada dan dimilikinya, serta selalu ikhlas menjalani takdir yang terjadi pada dirinya.

Cara Mengikis Kseombongan

Kesombongan dapat menghancurkan tata kehidupan sebagaimana zaman jahiliyah dahulu kala, semua merasa hebat sehingga hatinya mati dalam menilai hakikat kehidupan. Orang-orang yang sombong sejatinya sedang menyimpan racun dalam hatinya, maka sebaiknya sebisa mungkin mengurangi dan menekan bibit kesombongan yang telah menjadi fitrah manusia.

Berikut Blog IQROZEN coba merangkum tips dan triks menghindarkan diri dan hati dari panyakit sombong yang telah merasuki jiwa:
Pertama, mengetahui dan memahami ilmu tentang bahaya yang ditimbulkan dari kesombongan. Yakinilah bahwa sifat sombong tidak disukai manusia dan kelak di akhirat mendapat siksa.
Kedua, menyadari kelemahan dan keterbatasan diri sebagai manusia. Sehingga dirinya tidak merasa unggul bila dibandingkan dengan orang lain. Dengan mengakui kelemahan diri sama halnya kita menempatkan diri dalam golongan orang-orang yang bertaqwa.
Ketiga, berlatih untuk berlapang dada menerima kebenaran dari siapa pun. Ini boleh dikatakan perkara yang sulit karena benturan kehidupan teramat dahsyat menggoda dan menggangu pikiran.
Keempat, meyakini status semua manusia sama apabila di hadapan Allah, yang membedakan hanya ketakwaan. Sehingga dalam hati tidak akan timbul kedengkian dan iri hati ketika orang lain mendapatkan rezeki atau lainnya.
Kelima, berdoalah agar kita dijauhkan dari kesombongan. Inilah senjata paling ampuh ketika usaha kita telah mentok dan belum jua membuahkan hasil. Maka berserah kepada Allah adalah langkah bijak sembari selalu berdoa memohon petunjuk-Nya.

Hanya ini postingan tentang Langkah-langkah menghindari Sifat Sombong, tentu masih banyak kekurangannya dan dengan senang hati mengharap tambahan saudara sekalian. Semoga bermanfaat!!

Tips Terhindar dari Perasaan Sombong
IQROZEN : Cara Mengikis Kesombongan