Adab Tidur yang Baik Menurut Rasulullah

IQROZEN | Tidak dipungkiri lagi jika Rasulullah Saw adalah suri teladan terbaik sepanjang masa, tidak hanya bangsa Arab saja yang meyakini hal tersebut. Eropa, Amerika, Afrika dan Asia merupakan hamparan benua yang telah dihuni oleh berjuta penganut Rasulullah, yang juga meyakini keteladanannya. Di antara keteladanan Rasulullah adalah adab-adab sebelum tidur yang mestinya dilakukan setiap Muslim agar tidurnya mendapat rahmat.

Tidur sebagai bagian dari ibadah maka harus dilakukan sebaik mungkin agar saat kita tidur di sisi lain kita juga meraih pahala. Rasulullah telah memberi tuntunan cara tidur yang baik dengan mengindahkan Adab Sebelum Tidur sebagaimana beliau lakukan semasa hidupnya. Berikut ini adalah adab tidur yang dirangkum dari hadis Rasulullah.

Cara Tidur Yang Baik

1. Tidur diawal malam
Berdasar hadist riwayat Al Bukhori dan Muslim, “Adalah Rosulullah Saw membenci tidur sebelum sholat isya' dan berbincang-bincang setelah sholat isya'.” Dapat dilogika jika seseorang tidur sebelum sholat isya' kemungkinan besar orang tersebut akan meninggalkan sholat isya'. Sedangkan ngobrol-ngobrol (begadang) hingga larut malam dapat menyebabkan seseorang bangun kesiangan sehingga terlewati waktu shubuhnya.

2. Sholat witir sebelum tidur
Bagi siapapun yang merasa khawatir kehilangan sholat lailnya sebelum shubuh, maka disunahkan shalat witir sebelum tidur. “Kekasihku (Rosulullah Saw) berwasiat kepadaku dengan 3 perkara yaitu berpuasa tiga hari pada setiap bulannya, melaksanakan sholat dhuha dua rokaat dan sholat witir sebelum tidur.”(HR. Muslim)

Rasulullah Tentang Adab Sebelum Tidur
By GOOGLE
3. Berwudhu sebelum tidur
Jika seseorang hendak tidur dalam keadaan junub dan belum berkesempatan mandi janabah, maka cukup baginya berwudhu. “Jika diantara kalian telah berwudhu, maka diperbolehkan untukmu tidur meski sedang junub.” (HR. Muslim dan Al-Bukhori)

4. Dilarang tidur bertelungkup
Diantara hikmah larangan tidur telungkup salah satunya adalah posisi telungkup merupakan posisi tidurnya penduduk neraka. Sebagaimana dikisahkan berikut, “Nabi Saw pernah melewatiku dan aku dalam keadaan tidur tertelungkup, maka beliau membangunkanku seraya bersabda : “Wahai Junaidib, sesungguhnya ini adalah posisi tidur penduduk neraka.” (HR. Ibnu Majah)

5. Mematikan api dan menutup pintu/jendela
Hal penting yang juga perlu untuk diperhatikan sebelum tidur adalah mematikan api yang ada di dalam rumah. Sabda Rosulullah Saw, “Sesungguhnya api ini adalah musuh kalian. Maka jika kalian hendak tidur, matikanlah!.” (HR. Al Bukhori dan Muslim)
Al Imam Yahya bin Syarof An-Nawawi mengatakan, “Hal tersebut berlaku secara umum termasuk api, lentera, lampu dan lainnya yang mana dikhawatirkan dapat menimbulkan kebakaran." Maka sebaiknya dimatikan sebelum tidur karena segala kemungkinan yang dikhawatirkan bisa jadi kenyataan.


Demikian postingan sederhana tentang Adab Sebelum Tidur dalam perspektif Islam yang insya Allah akan memberi manfaat bagi yang menunaikannya. Semoga kita dapat istiqomah menereuskan Sunnah Rasul tersebut sehingga tidur kita terbebas dari gangguan jin dan marabahaya lainnya.... Mohon berkenan mampir pada artikel menarik lainnya terkait Alquran Mencerdaskan Ummat.