PENTING... Inilah 9 Persiapan Menyambut Ramadhan yang Belum Banyak Diketahui

IQROZEN | 9 Persiapan Menyambut Ramdhan. Pembahasan seputar Ramadhan menjadi Keyword yang popular beberapa hari terakhir ini. Hal ini karena sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan, bulan yang sangat ditunggu-tunggu dan dirindukan. Seperti halnya postingan yang lain, saya juga coba menjelaskan beberapa hal yang ada kaitannya dengan ibadah shoum atau puasa agar menjadi inspirasi untuk meraih hasil maksimal pada Ramadhan kali ini. Baca juga artikel terkait Tuntunan Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil.

Untuk memaksimal ibadah puasa ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah persiapan yang matang dalam menyambut datangnya Bulan Suci Ramadhan.

Berikut persiapan yang semestinya kita lakukan demi mencapai kesempurnaan ibadah di bulan Ramadhan ini.

  1. Luruskan Niat. Menata hati untuk ikhlas melakukan ibadah semata demi mendapat ridho Allah Swt.
  2. Siapkan Jasmani. Menyiapkan fisik agar tetap bugar dan berdoa memohon keselamatan sehingga dapat bertemu Ramadhan dalam keadaan sehat wal’afiat.
  3. Menyusun Agenda. Mengatur jadwal kegiatan selama Ramadhan agar waktu-waktu ibadah puasa penuh dengan kegiatan khasanah dan tidak terlewati dengan percuma.
  4. Memahami Ilmu Berpuasa. Mereview kembali hukum dan aturan dalam menjalankan ibadah di bulan Ramadhan demi optimalisasi keimanan.
  5. Program Anak. Bagi yang telah memiliki anak, semaksimal mungkin menata schedule kegiatan anak agar mereka merasa enjoy selama berlatih dalam menjalankan ibadah puasa.
  6. Bersihkan Jiwa. Sebelum Ramadhan tiba, bersegeralah mendekat kepada Allah Swt yang memiliki alam jagat raya ini termasuk keberkahan di bulan Ramadhan.
  7. Menjalin Silaturrahim. Segera perbaiki hubungan sosial baik antara keluarga maupun dengan masyarakat sekitar demi kesempurnaan ibadah Ramadhan.
  8. Investasi Anggaran. Mengalokasikan dana yang efektif sehingga kebutuhan ekonomi tidak mengganggu ibadah selama Ramadhan dan kita tidak mengalami krisis ekonomi.
  9. Tinggalkan Maksiat. Sekecil apapun dosa sebisa mungkin ditinggalkan demi khusyu’nya beribadah di bulan Ramadhan.
Untuk melihat postingan terbaru tentang Cara Cerdas Menyambut Ramadhan silakan klik di SINI
Persiapan Menyambut Ramadhan
Semoga Allah Swt menerima amal ibadah kita semua selama ini terlebih-lebih ibadah di bulan Ramadhan yang penuh keberkahan. Tiada bulan yang mulia kecuali bulan Ramadhan karena di dalamnya ada Lailatul Qadr dan Nuzulul Qur'an. Mari bersama kita ramaikan bulan Suci Ramadhan dengan ibadah yang berkualitas agar dapat mengangkat marwah umat Islam khusunya rakyat Indonesia. Insya Allah.