Strategi Mencegah Kematian Dini pada Buah Hati

Bayi sangat rentan terkena sindrom kematian bayi mendadak atau SIDS (Sudden Infant Death Syndrome). Resiko ini dapat meningkat jika kebiasaan-kebiasaan orangtua tidak diubah. Selain tidur satu ranjang dengan bayi yang baru lahir, ada beberapa kebiasaan yang patut dihindari.

Dilansir dari Huffingtonpost, ada beberapa cara untuk mengurangi terjadinya resiko peningkatan SIDS (Sudden Infant Death Syndrome), yaitu:
Menghindari berbagi tempat tidur dengan bayi yang baru lahir. Berbagi tempat tidur dalam waktu terbatas dianggap baik-baik saja namun tidak disarankan dalam waktu yang lama 

Membiasakan selalu mengontrol suhu badan bayi. Pastikan suhu bayi tidak terlalu panas

Jangan merokok, minum dan menggunakan obat di sekitar bayi. Bukan hanya aktivitas ini buruk bagi kita dan sibayi, juga meningkatkan resiko SIDS ketika dikombinasikan dengan tidur bersama

Memberi bayi ASI ekslusif. Penelitian-penelitian terbaru telah mendapati bahwa menyusui dapat mengurangi resiko penyakit secara keseluruhan pada anak-anak, dan dapat mengurangi resiko SIDS.

Jangan membiasakan bayi tidur dengan dot di mulutnya

Bayi tidur dengan posisi terlentang. Resiko SIDS dapat dikurangi hingga 50 persen jika membiasakan menidurkan bayi dengan posisi telentang.

"Ini hal penting, dengan mengurangi kebiasaan buruk, orangtua dapat mengurangi peningkatan resiko SIDS," kata Spesialis Anak dari Pusat Medis Anak Nasional di Washington DC dan Ketua American Academy of Pediatrics, Dr Rachel Moon.