Hakikat Hijab dan Cara Berhijab Modern yang Simple

IQROZEN | Ramai kabar selebriti yang memilih jalan berhijab dengan cara menggunakan jilbab, sehingga mereka dapat menutup aurat meski harus tampil di dunia entertaint. Hijab sudah sering dibahas dan diceramahkan para ustaz kondang, namun sayang masih banyak yang belum memahami Hakikat Hijab yang benar. Contohnya ketika ada yang menganggap cukup dengan jilbab atau kerudung dia telah berhijab, sementara dalam kesehariannya ia hidup dalam pergaulan bebas.

Hijab tidak semata ditujukan bagi kaum wanita, kaum pria pun harus memiliki kesadaran untuk berhijab. Namun titik penekanan memang sering pada kaum hawa karena mereka adalah makhluk indah nan mulia yang harus dijaga dan dihormati. Hal inilah yang kemudian timbul anggapan wanita berhijab cukup dengan mengenakan jilbab. Baca juga artikel terkait Perintah Wajib Berjilbab.

Sementara kita tahu jilbab / kerudung adalah pakaian yang digunakan untuk menutup aurat kaum hawa, agar mereka lebih terjaga dan mudah dikenali sebagai Muslimah. Sebagaimana Allah berfirman, "Hai Nabi, katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mukmin: "Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka". Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal, karena itu mereka tidak di ganggu. Dan Allah adalah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang." (QS. Al-Ahzab: 59)

Dari ayat tersebut jelas perintah Allah agar setiap Muslimah mengenakan jilbab untuk menutup aurat, namun belum tentu dapat dikatakan telah berhijab apabila dirinya masih tidak mampu membedakan mana yang muhrim dan mana yang bukan. Sehingga dalam bergaul masih sering melakukan ikhtilat (bercampur baur dengan lawan jenis) atau kholwat (berdua-duaan dengan bukan muhrim).

Arti hijab dan Gambar Cara Berhijab

Apa itu Hijab?
Di beberapa negara Islam dan pendapat banyak ulama bahwa makna hijab adalah cara berpakaian Muslimah yang sesuai dengan tuntunan agama. Namun arti sesungguhnya berdasarkan asal bahasanya yakni dalam bahasa Arab berarti penghalang. Dengan kata lain, hijab merupakan sesuatu yang dapat menjadi penghalang dan pemisah antara lawan jenis yang bukan muhrimnya.

Dalam sholat kita sering menggunakan hijab untuk memisahkan antara shaf pria dan shaf wanita, dalam berinteraksi lawan jenis yang bukan muhrim kita dapat menjaga hijab dengan menjaga pandangan agar tidak menimbulkan fitnah, dan berkerudung adalah salah satu cara agar seorang wanita terhalangi oleh buasnya pergaulan bebas yang mengumbar aurat.

Hakikat Hijab dan Cara Berhijab Modern yang Simple

Cara Behijab Modern yang Simple
Zaman modern ini memang cukup sulit menerapkan hijab dalam kehidupan sehari-hari, terutama bagi sebagian orang sibuk dengan karirnya. Mereka yang berkarir sangat sering bertemu dan berada di tempat-tempat umum sehingga sulit untuk menjaga hijab. Bahkan, beberapa wanita berkerudung yang katanya telah berhijab rela membuka kerudungnya demi profesionalisme karirnya.

Bagi sobat yang telah berazam untuk terus berhijab baik itu pria atau wanita, ada cara sederhana yang dapat dilakukan untuk menjaga hijab. Cara Berhijab Modern yang Simple adalah dengan menjaga hati dan menundukkan pandangan.

Menjaga hati akan mengantarkan seseorang terbiasa menahan nafsunya ketika godaan syetan menerjang. Orang-orang yang suci hatinya tidak akan memper-turut nafsu dan emosinya sehingga dirinya terbebas dari tipu daya dunia. Sedangkan menundukkan pandangan adalah perintah Allah SWT, ini ayat-Nya untuk kaum pria, "Katakanlah kepada laki-laki yang beriman, agar mereka menjaga pandangannya dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu lebih suci bagi mereka. Sungguh, Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat." (QS.An-Nuur: 30)

Dan ini untuk kaum wanita, "Katakanlah kepada wanita yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan kemaluannya, dan janganlah mereka menampakkan perhiasannya, kecuali yang (biasa) nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kain kudung kedadanya, dan janganlah menampakkan perhiasannya kecuali kepada suami mereka, atau ayah mereka, atau ayah suami mereka, atau putera-putera mereka, atau putera-putera suami mereka, atau saudara-saudara laki-laki mereka, atau putera-putera saudara lelaki mereka, atau putera-putera saudara perempuan mereka, atau wanita-wanita islam, atau budak-budak yang mereka miliki, atau pelayan-pelayan laki-laki yang tidak mempunyai keinginan (terhadap wanita) atau anak-anak yang belum mengerti tentang aurat wanita. Dan janganlah mereka memukulkan kakinyua agar diketahui perhiasan yang mereka sembunyikan. Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung."(QS.An-Nuur: 31)

Demikian ulasan Hijab dan Cara Berhijab Modern yang Simple yang dapat saya bagikan, semoga ada manfaatnya...