10 Cara Jitu Menulis Novel

IQROZEN | Cara membuat novel dengan mudah tentu menjadi impian setiap penulis. Banyak penulis novel yang sukses setelah karya-karyanya diterima masyarakat luas. Untuk menjadi penulis novel yang sukses tersebut tentu tidak langsung seperti membalikan telapak tangan. Ada banyak proses dan tahapan yang harus dilalui setiap penulis novel. Namun bagi sebagian orang, tahapan menjadi penulis novel yang hebat dianggap sulit sehingga enggan mereka menggeluti bidang novelis.

Bagaimana Cara Jitu Menulis Novel?

Menulis novel yang baik harus dipelajari dan dikuasai triknya, hal ini dapat dilakukan dengan belajar pada penulis novel profesional yang telah terbukti menguasai Cara Membuat Novel. Berikut ini 10 cara gampang menulis novel menurut Ari Kinoysan Wulandari.
  1. Lupakan sinopsis; menulis saja. Sinopsis memang memberi arah dan membantu, tapi juga akan membatasi penulisan.
  2. Mengatur waktu dan tempat. Di mana cerita terjadi dan kapan terjadinya; di mana anda menulis dan kapan menyelesaikannya.
  3. Point sudut pandang. Siapa yang bercerita, apa perlu narator, dst.
  4. Point protagonis. Siapa yang beraksi. Dalam novel-novel sukses, protagonis selalu “peduli” dan “cacat manusiawi”.
  5. Point konflik. Sesingkat apapun cerita, pasti ada konflik yang kuat.
  6. Point taruhan. Apa yang dipertaruhkan protagonis dan mengapa itu penting.
  7. Menulis fragmen. Menulis novel bisa dicomot sana-sini, bagian awal, loncat bagian akhir, bagian tengah, dst. lalu tugas kita merangkaikan semuanya jadi utuh.
  8. Tulis yang tidak tahu. Aturan klasik adalah menulis yang anda tahu; tapi jangan takut menulis yang tidak tahu; karena akan menuntut anda meneliti, membaca, bertemu narsum, dll. untuk jadi tahu dan mengerti.
  9. Deadline yang baik dan realistis. Sadari kemampuan diri dan sesuaikan dengan kesibukan.
  10. Jauhkan diri anda. Jangan sekali-kali membawa diri anda ke dalam novel. Konsisten pada karakter dan cerita.
Oleh : Ari Kinoysan Wulandari
Penulis novel cinta

Demikian cara menulis novel dengan sederhana. Apabila ada yang perlu ditambahkan dapat langsung berkomentar di kolom komentar di bawah ini.