Manfaat Daun Katuk

Daun Katuk, pernah mendengarnya? Tepat sekali bahwa daun katuk berhubungan erat dengan namanya Air Susu Ibu (ASI). Setiap ibu tentu mendambakan ASI yang berkualitas sebelum menyusui putra-putrinya. Hal ini demi pertumbuhan sang buah hati, meski era modern ASI sudah sering tergantikan oleh susu formula dalam kemasan. Selain itu, banyak ibu yang kebingungan ketika ASI yang dimilikinya tidak lancar, terutama bagi ibu yang baru memiliki anak pertamanya.
Silakan Baca juga 7 Kehebatan Wanita Sepanjang Masa.

Manfaat Daun Katuk

Cukup banyak bukti yang menyebutkan manfaat daun katuk yang dapat melancarkan dan meningkatkan kualitas ASI dari seorang ibu yang sedang menyusui.  Daun katuk yang banyak dijumpai di sekitar rumah atau di pasar sering dijadikan sayur oleh mereka yang sedang menyesui. Hasilnya para ibu tersebut tidak kekurangan ASI selama menyusui kurang lebih 2 tahun usia buah hatinya. Namun tidak cukup daun katuk, kaum ibu yang menyusui dilarang keras makan-makanan pedas dan panas agar sang bayi yang disusui tidak terkena diare.

Kandungan Daun Katuk
Info dari wikipedia, di dalam daun katuk dapat ditemui kandungan protein dan kaya akan vitamin K, ada juga pro-vitamin A (beta-karotena), vitamin B, serta vitamin C. Bahkan disebutkan juga jika daun katuk mengandung kalsium, besi, kalium, fosfor, dan magnesium. Terakhir, daun katuk memiliki klorofil yang dapat dibuktikan dengan warnanya yang hijau.


Gambar Daun Katuk