3 Ucapan Sebelum Jenazah Dikubur

IQROZEN | 3 Hal yang harus Disampaikan sebelum Jenazah Dikubur. Kematian adalah sebuah keniscayaan bagi setiap makhluk yang bernyawa di muka bumi ini. Bagi manusia, kematian harus menjadi perihal penting yang mendapat perhatian sehingga tidak seperti makhluk lainnya. Misalnya hewan atau tumbuhan yang ketika mati tiada yang mengurus dan dibiarkan begitu saja tanpa ada yang peduli. Jika manusia meninggal maka menjadi kewajiban orang di lingkungan sekitar untuk mengurus jenazah tersebut membantu pihak keluarga yang tertimpa kemalangan itu.

Dalam Islam, jenazah sebelum dikubur harus disucikan terlebih dahulu dengan cara dimandikan. Setelah itu baru disholatkan sebelum kemudian diantar ke tepat pemakaman atau kuburan. Baca juga artikel tentang Cara Islam Menunda Kematian.

Ada hal penting lainnya yang harus disampaikan sebelum jenazah itu dikuburkan. Hal ini biasanya disampaikan oleh pihak keluarga almarhum / almarhumah atau boleh juga diwakilkan oleh orang yang telah ditunjuk dari pihak ahli waris. Berikut 3 Hal yang harus Disampaikan tersebut:
  • Memintakan maaf atas dosa atau kesalahan yang pernah dilakukan almarhum/ah baik sengaja maupun yang tidak sengaja.
  • Memohon diikhlaskannya hutang-piutang dengan almarhum yang sekiranya itu bernominal kecil dan tidak memberatkan. Namun apabila merasa keberatan terkait hutang-piutang yang ditinggalkan almarhum/ah, maka sebaiknya segera menghubungi ahli waris untuk segera diselesaikan.
  • Mengajak jamaah atau pelayat untuk bersama menyatakan jika almarhum/ah semasa hidupnya memiliki amal sholeh yang baik.
Demikian seharusnya umat Islam sebagai makhluk sosial dan hidup berjamaah maka sudah menjadi kewajiban untuk saling peduli sampai pada urusan mengurus jenazah. 3 Hal yang Disampaikan tersebut adalah upaya mengurangi beban berat yang dipikul almarhum/ah sebelum menuju ke tempat yang jauh nan abadi. Bagaimanakah dengan kita? Sudahkah menyiapkan bekal untuk menyambut hari akhir yang dapat datang kapan saja tanpa kita mampu memprediksinya?
Cara Mengurus Jenazah