5 Fenomena Sinkhole yang Menghebohkan

iqrozen | Fenomena Sinkhole Hebohkan Dunia. Misteri jagat raya ini sungguh tiada mampu ditembus siapapun tanpa ijin dari Sang Pencipta. Sebagaimana postingan sebelumnya tentang Segitiga Misterius yang menjadi rahasia alam, lubang Sinkhole merupakan keajaiban yang jarang terjadi. Wajar apabila banyak orang heboh bila terjadi atau melihat kejadian Sinkhole.

Apa itu Lubang Sinkhole? Fenomena sinkhole adalah terjadinya lubang besar di permukaan bumi secara tiba-tiba. Lubang dengan diameter raksasa itu di beberapa tempat meninggalkan ruang hitam pekat yang sangat dalam. Sehingga apapun yang terperosok ke dalamnya banyak yang tidak diketahui kemana rimbanya. Berdasarkan study dari USGS, sinkhole terjadi pada lapisan batu gamping yang ada di bawah permukaan bumi. Berikut 3 Lubang Sinkhole yang Misterius di antara banyak lubang lainnya yang mungkin belum terpopulerkan.

1. Sinkhole di Florida
Sinkhole ini dikabarkan menelan seorang pria, Jeff Bush,  37 tahun sedang berada di kamar tidurnya ketika lubang tiba-tiba menelan dirinya dan segala sesuatu yang ada di kamarnya. Lima orang lainnya di rumah itu lolos tanpa cedera. Sebenarnya Jeremy Bush telah mencoba menyelamatkan saudaranya (Jeff Bush) dengan cara melompat ke dalam lubang, namun kemudian ia harus bersusah payah menyelamatkan dirinya sendiri tanpa hasil karena saudaranya itu telah hilang ditelan bumi.

2. Sinkhole di Guatemala City
Pada 30 Mei 2010, sebuah sinkhole besar tiba-tiba muncul di kota Guatemala menewaskan sedikitnya satu orang dan menelan sebuah gedung berlantai tiga. Para ahli menduga badai Tropis Agatha yang menyapu wilayah tersebut menjadi pemicu munculnya lubang raksasa itu.
Oklahoma Sinkhole
3. Sinkhole Oklahoma
Terletak di sudut kota bagian timur laut, Picher, Okla, yang dulunya merupakan kawasan paling produktif dalam bidang pertambangan. Namun, kini daerah itu menjadi sebuah kota hantu yang menyeramkan karena semua pertambangan yang ada rusak parah disebabkan banyak sinkhole tiba-tiba muncul di situ. Seperti gambar berikut yang diambil pada 2008 (AP Photo / Charlie Riedel, theweek.com)
theweek picture

4. Sinkhole Fransisco
Pada tahun 1995, hujan lebat di San Francisco menyebabkan pecahnya konstruksi saluran pembuangan bawah tanah. Akibatnya, sinkhole besar merusak rumah-rumah di sekitar daerah tersebut. Meski musibah ini tidak menimbulkan korban luka atau meninggal, namun diperkirakan peristiwa tersebut telah menimbulkan kerugian materi yang cukup besar.

5. Sinkhole Brebes
Ternyata di Indonesia juga terdapat sinkhole, tepatnya di Desa Pandansari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah. Sinkhole tersebut diketahui warga terjadi pada Sabtu, 05/01/2013. Diduga akibat curah hujan tinggi yang mengguyur wilayah Pantura bagian selatan sebagai penyebab munculnya lubang raksasa itu. Lubang berdiameter sekitar 7 meter dengan kedalaman 15 meter itu terjadi di lahan kosong milik seorang warga setempat yang bernama Warsito.
Brebes Sinkhole
Demikian Lubang Sinkhole yang Menghebohkan, tentu masih banyak lubang lainnya yang mungkin belum terinventarisir pada artikel ini, silakan saudara berkenan menambahkannya di kolom komentar agar dapat menjadi referensi generasi mendatang.