PROFIL HIDAYATULLAH BOARDING SCHOOL

IQROZEN | Profil Hidayatullah Boarding School Batam. Berikut ini adalah postingan tentang profil sebuah Pondok Pesantren yang menggunakan metode Boarding School Modern untuk lembaga pendidikannya. Sudah banyak link yang memperkenalkan sepak-terjang Pesantren Hidayatullah di seluruh Nusantara dalam mengkader generasi Ummat, maka artikel ini turut mempublikasikan salah satu sekolah Hidayatullah di wilayah Batam, Kepulauan Riau.

Geliat Hidayatullah Batam terus menunjukkan grafik positif semenjak dipimpin ustadz Jamal. Setelah berdirinya kampus pertamanya di kelurahan Kibing kecamatan Batu Aji, Kota Batam, pertengahan 2012 secara resmi Hidayatullah Batam menyelenggarakan kegiatan pendidikan dan dakwah di kampus kedua yang terletak di kelurahan Tanjung Uncang-Batu Aji, Kota Batam.

Kampus II di kawasan Tanjung Uncang ini merupakan lahan pemberian dari Badan Pengusaha Batam yang luasnya mencapai 25.000m2 atau setara 2,5 hektar. Di lokasi inilah yang sekarang menjadi ikon sekolah Islam unggulan yang memadukan konsep pondok dengan kurikulum Pendidikan Nasional. Didukung oleh kawasan yang asri dan posisi yang strategis di antara hiruk-pikuk perindustrian kota Batam, metode pendidikan boarding school menjadi sangat match diselenggarakan. Silakan Download Video Sejarah Hidayatullah di SINI.

Selain adanya Sekolah Menengah Pertama (SMP) khusus putri “Hidayatullah Boarding School”, di kampus II Hidayatullah Batam ini juga telah terselenggara pendidikan usia dini, yakni TK Yaa Bunayya 03 Batam. Ada juga SD Islam Integral Luqman Al-Hakim 02 Batam yang tahun keduanya pada 2013, muridnya telah mencapai lebih dari seratus siswa. Parade dakwah di tempat ini pun semakin semarak seiring bertambahnya utusan-utusan dari daerah yang mengirimkan mahasiswa-mahasiswinya untuk berkuliah di STKIP Hidayatullah Batam.

Dari segi infrastruktur, kampus II Tanjung Uncang telah memiliki dua gedung asrama putri yang satu dua lantai dan satunya lagi satu lantai, satu unit gedung untuk Taman Kanak-kanak, sebuah bangunan sekolah dua lantai, lima unit rumah guru / pengasuh, serta guest house. Pembangunan kampus II Tanjung Uncang ini begitu pesat karena besarnya support dari banyak pihak diantaranya pemerintah propinsi Kepulauan Riau dan bank BNI Syariah.

Dan, pembangunan Hidayatullah Batam tidak terhenti sampai di sini. Menanamkan nilai-nilai ke-Islam-an tidak cukup hanya dengan memberi informasi saja, harus ada praktek langsung dan keteladanan dari tokoh panutan, serta dukungan sarana dan suasana lingkungan sekitar yang memadai. Karena tatanan kehidupan yang Islami merupakan piranti penting dalam membangun peradaban Madani. Lebih lengkap baca juga artikel tentang Sejarah Hidayatullah Batam.

Maka, kehadiran kampus sebagai Laboratorium Dakwah menjadi sebuah keharusan demi melahirkan generasi-generasi mujadid yang selalu dirindukan umat di seluruh muka bumi. Cita-cita agung ini menjadi panggilan bagi setiap Muslim untuk bersama berjuang dan berdakwah membumikan kembali syari’at Islam, sebagaimana yang telah dirintis Hidayatullah baik secara lokal maupun nasional. (Sumber : Buku Mendayung di Samudera Wahyu by Jamaluddin Nur, 2013)
Site Plan Hidayatullah Boarding School
Denah Lokasi HBS Batam

Bazar Santri
Bazar Santri

Bazar Santri
Karya Santri

Gerakan Kepanduan Santri Putri
Kepanduan

Shalat Malam Sebagai Unggulan
Shalat Malam