Umat Muslim Jangan Putus Asa

IQROZEN | Jangan Putus Asa. QANITUN atau qanitin adalah orang-orang yang berputus asa, yaitu mereka yang tidak sabar dalam menghadapi ujian dan cobaan dalam rangka meraih rahmat ALLAH swt. Orang Yang berputus asa dalam menghadapi realita cobaan, ujian dan kegagalan menunjukkan lemah mentalnya, lemah imannya.

Dirinya tidak mau mengambil pelajaran dari kegagalan yang pernah dialaminya, padahal di balik kegagalan itu ada suatu hikmah dan rahmat yang lebih besar yang akan diberikan oleh ALLAH swt kepadanya. Oleh karena itu, orang yang berputus asa dipandang sebagai orang yang sesat, orang yang tidak tau jalan menuju rahmat yang lebih besar. ALLAH berfirnan dalam al-Quran surat al-Hijr ayat 55 yang artinya : "Janganlah kamu termasuk orang-orang yang berputus asa."

Jika rahmat ALLAH yang diberikan kepada kita, tidak kita pelihara sebagai mana yang dikehendaki oleh-Nya, atau kita gunakan di luar jalur ketentuan-Nya alias melampaui batas, maka kita tidak boleh berputus asa untuk segera minta ampunan-Nya, insya Allah akan diampuni.

ALLAH juga berfirman dalam al-Quran surat az-Zumar ayat 53 yang artinya : "Katakanlah : Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat ALLAH. Sesungguhnya Dialah yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Sungguh, ALLAH selalu memberikan rahmat dan kenikmatan kepada setiap hamba-Nya, meski banyak manusia yang mengingkarinya. Manusia-manusia itu sendiri yang menyebabkan kenikmatan dan rahmat ALLAH hilang, disebabkan karena kesembronoannya sendiri, disamping kelemahan imannya dan egoisme.

Marilah kita saling menjaga semangat dan menghindarkan diri dari berputus asa. ALLAh berfirman, "Dan apabila kami rasakan suatu rahmat kepada manusia niscaya mereka gembira dengan rahmat itu dan apabila mereka tertimpa musibah disebabkan kesalahan yang telah dikerjakan oleh tangan mereka sendiri, tiba2 mereka berputus asa"(QS. Ar-Ruum: 36).
Semangat tidak Putus Asa
Demikian postingan kali ini yang ingin menekankan betapa pentingnya salah satu anjuran Islam perihal Tidak Berputus Asa. Semoga kita mampu senantiasa menanamkan ikhtiar dan istiqomah dalam diri untuk meraih rahmat ALLAH dan menjalani segala ujian-Nya. Wallahu a'lam bish showab.