4 Cara Berbakti Kepada Orang Tua

iqrozen | Cara Berbakti Kepada Orang Tua. Manusia selalu lahir dari rahim seorang ibu, patut dan wajib bagi setiap kita berbakti kepada Ibu dan Bapak sebagai orang tua yang merawat dan membesarkan kita. Berbakti kepada orang tua tidak ada batasnya, sekalipun mereka telah meninggal dunia. Masalahnya, banyak anak manusia yang tidak sadar akan kewajibannya untuk berbakti kepada kedua orang tua. Bahkan, banyak yang durhaka dan menganiaya orang tuanya sendiri.

Yang lebih mencengangkan, banyak juga anak manusia yang sangat menghormati orang tuanya ketika masih hidup namun setelah mereka wafat seakan-akan putus hubungan bin cuek bebek tidak lagi menjalankan nasehat yang diwasiatkan. Anak-anak yang demikian sebenarnya tidak mengetahui caranya berbakti kepada orang tua yang benar. Dalam Islam, Rasulullah SAW telah memberi tuntunan untuk berbakti kepada kedua orang tua meskipun keduanya telah tiada.

Berikut 4 cara berbakti kepada orang tua yang sudah meninggal:
  1. Beristighfarlah kepada Allah untuk orang tua yang telah meninggal.
  2. Menjalankan amanat dari wasiatnya.
  3. Hormat kepada sahabat akrabnya.
  4. Selalu menjaga silaturrahmi terhadap keluarga mereka .
(HR.Imam Ahmad)
Kasih Sayang Ibu
Semoga setiap kita dapat menjadi anak-anak sholeh dan sholeha yang selalu berbakti kepada kedua orang tua hingga hari akhir kelak. Harapannya, kehidupan kita di dunia senantiasa diiringi ridho orang tua dan ridho Allah sehingga apabila menjadi pemimpin kita akan mampu menjadi Pemimpin Ideal yang dicinta umat. (Baca juga Kriteria Pemimpin Ideal yang Dicinta Umat)\