Cara Masuk dan ke Luar Toilet

IQROZEN | Cara Masuk dan ke Luar Toilet. Peradaban mulia dari kehidupan manusia pada suatu zaman tidak hanya disibukkan dengan modernisasi teknologi. Sementara banyak adab-adab dalam keseharian diabaikan atau sengaja dihilangkan. Islam telah mengajarkan peradaban mulia melalui teladan dari Rasulullah SAW dan para sahabatnya yang mampu membuktikan dengan kejayaan Islam hingga ke seluruh penjuru dunia.

Adab saat makan, adab berbicara, adab sebelum tidur hingga adab masuk dan ke luar toilet telah dicontohkan Rasulullah SAW agar manusia hidup dalam keteraturan dan kemuliaan. Nah, postingan kali ini akan membahas Adab ketika Masuk dan ke Luar Toilet yang mungkin oleh sebagian besar orang termasuk umat Islam sering mengabaikannya.

1. Membaca Doa
"Allahumma innii a'uudzu bika minal khubusyi wakhabaaisyi"
Artinya : Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada Mu dari setan laki-laki dan setan perempuan (Bukhari dan Muslim).

2. Ketikat masuk toilet, di awali dengan kaki kiriPara ulama sepakat jika memusiki tempat yg kotor maka diawali kaki kiri namun jika masuk ke tempat yg suci seperti masjid diawali kaki kanan.

3. Ketika beristinja, disunnahkan menggunakan air karena lebih menyucikan

4. Menjaga tubuh dan pakaian dari najis

5. Menggosokkan tangan kiri ke tanah atau menyucikannya dengan sabun setelah selesai beristinja

6. Tidak menghadap dan membelakangi kiblat (bukhari dan muslim)

7. Membaca doa ketika ke luar toilet. 
"Alhamdulillah al-ladzii adzhaba 'annii al-adzaa wa 'afaanii" Artinya : Segala puji bagi Allah yang telah menghilangkan gangguan atau kotoran dariku dan telah menajdikaku dalam keadaan sehat. (Ibnu Majah).
Cara Masuk Toilet dalam Islam
Demikian Cara Masuk ke Luar Toilet sebagaimana yang dianjurkan Rasulullah karena dapat mendatangkan banyak kebaikan bagi mereka yang istiqomah mengamalkannya, sehingga kita terbebas dari Azab Dunia Akhirat. Semoga kita mampu menlakukannya jika tidak rutin paling tidak sering, jika tidak semua paling tidak yang pertama dan yang terakhir. Wallahu 'alam bis showab.