Inilah Penemu Cara Membuat Plastik Dari Kulit Pisang

IQROZEN | Banyak orang yang beranggapan bahwa pembuatan plastik melalui polimerisasi bahan-bahan dasar plastik atau sering dikenal monomer. Bahan dasar plastik banyak yang berasal dari sisa atau limbah minyak bumi, sehingga sulit terurai oleh bumi ketika sudah menumpuk di tempat sampah. Ternyata, saya baru membaca artikel bahwa Kulit Pisang dapat digunakan sebagai bahan dasar pembuatan plastik. Tentu ini akan lebih ramah lingkungan dan tidak menimbulkan efek berbahaya bila dibandingkan dengan bahan kimia tadi. Baca juga artikel tentang Fakta Mengapa Kecoa Berbahaya.

Adalah Elif Bilgin, remaja berusia 16 tahun yang berasal dari Istanbul, Turki, telah menemukan dan membuktikan pembuatan plastik dengan bahan dasar kulit pisang. Gadis belia tersebut telah melakukan penelitian kurang lebih 2 tahun untuk menemukan bahan dasar plastik dari kulit pisang. Hasilnya, 27 Juni 2013 ia berhasil meraih Science in Action Award dengan total hadiah US$50.000 dan sekaligus mendapat pengakuan atas penemuannya itu dari para Scientific America. Tentu ini merupakan prestasi tersendiri yang dapat menjadi pelajaran buat kita semua, khususnya pelajar Indonesia.

Demikian informasi yang terangkum pada laman IQROZEN kali ini, harapannya dapat menambah wawasan keilmuan kita tentang Penemu Bahan Dasar Plastik Dari Kulit Pisang. Selanjutnya, akan mendorong generasi kita untuk melakukan hal-hal hebat seperti Bilgin demi menyelamatkan bumi dari dampak Global Warming. Semoga!
Penemu Bahan Dasar Plastik Dari Kulit Pisang
Picture by google