Biografi Singkat Khalifah Utsman bin Affan Beserta 8 Istrinya

IQROZEN | Inilah 8 Istri Khalifah Utsman bin ‘Affan. Khalifah yang bernama lengkap Utsman bin Affan bin Abi Ash bin Umayah bin Abdi Syams bin Abdi Manaf al-Umawy al-Qurasy, merupakan sahabat nabi Muhammad SAW yang sangat pemalu. Pada masa Jahiliyah beliau dipanggil dengan Abu ‘Amr dan pada masa Islam nama julukannya (kunyah) adalah Abu ‘Abdillah. Beliau juga digelari sebutan “Dzunnuraini”, hal ini dikarenakan beliau menikahi dua puteri Rasulullah SAW. Khalifah Utsman wafat pada 35 H sekitar pertengahan tasyriq tanggal 12 Dzul Hijjah, dalam usia 80 tahun, akibat dibunuh oleh kaum pemberontak (Khawarij). Lihat juga postingan terkait tentang Profil 4 Pemimpin Hebat Dunia.

Sebagai seorang Khalifah, Utsman sangat dikenal sebagai pribadi yang pemalu. Imam Muslim telah meriwayatkan dari ‘Aisyah, bahwa: ”Pada suatu hari Rasulullah sedang duduk dimana paha beliau terbuka, maka Abu Bakar meminta izin kepada beliau untuk menutupinya dan beliau mengizinkannya, lalu paha beliau tetap dalam keadaan semula (terbuka). Kemudian Umar minta izin untuk menutupinya dan beliau mengizinkannnya, lalu paha beliau tetap dalam keadaan semula (terbuka), ketika Utsman meminta izin kepada beliau, amaka beliau melepaskan pakaiannya (untuk menutupi paha terbuka).

Ketika mereka telah pergi, maka aku (Aisyah) bertanya, ”Wahai Rasulullah, Abu Bakar dan Umar telah meminta izin kepadamu untuk menutupinya dan engkau mengizinkan keduanya, tetapi engkau tetap berada dalam keadaan semula (membiarkan pahamu terbuka), sedangkan ketika Utsman meminta izin kepadamu, maka engkau melepaskan pakainanmu (dipakai untuk menutupinya)." Maka Rasulullah menjawab, ”Wahai Aisyah, Bagaimana aku tidak merasa malu dari seseorang yang malaikat saja merasa malu kepadanya”."

Berikut ini adalah 8 istri Khalifah Utsman bin Affan, yang dua di antaranya adalah putri Rasulullah.
1.  Ruqayyah binti Rasulullah
2.  Ummu Kaltsum binti Rasulullah
3.  Fakhitah binti Ghazwan
4.  Ummu Amr binti Jundub
5.  Fatimah binti al-Walid al-Makhzumiyyah
6.  Ummu al-Banin binti Uyaynah ibn Hishn al-Fazariyyah
7. Ramlah binti Syaybah ibn Rabiah
8. Nailah binti al-Farafashah
Pemimpin Hebat Islam
By Google

Demikian artikel tentang  Biografi Singkat Khalifah Utsman bin Affan, semoga dapat menjadi inspirasi bagi generasi mendatang agar menjadi Pemimpin yang amanah dan pemalu terutama ketika berbuat zalim. Baca juga artikel tentang Ancaman Berat Bagi Pemimpin Zalim. Semoga Bermanfaat!