Tanda-tanda Datangnya Malaikat Maut

iqrozen.blogspot.com | Tanda Kedatangan Malaikat Pencabut Nyawa. Hidup dan mati adalah kehendak Allah SWT dan tiada seorang pun dapat menebaknya tanpa izin dari-Nya. Ada sebuah kisah menarik yang memberi petunjuk kepada kita bahwasanya ada beberapa pertanda sebelum hari kematian itu datang. Ini bukan berarti menebak takdir Allah, tetapi sebuah renungan dan peringatan sebelum hidup kita berakhir untuk selamanya. Berikut kisah hikmah tentang tanda-tanda sebelum datangnya hari kematian.

Dikisahkan bahwa Malaikat Maut (Izra'il) bersahabat baik dengan nabi Ya'kub AS. Suatu ketika nabi Ya'kub berkata kepada Izra'il, "Aku menginginkan sesuatu yang harus kamu penuhi sebagai tanda persaudaraan kita."
"Apakah itu?" Tanya Izra'il.
"Jika ajalku telah dekat, beri tahu aku."
"Baik aku akan memenuhi permintaanmu, aku tidak hanya akan mengirim satu utusanku, namun aku akan mengirim dua atau tiga utusanku." Jawab Izra'il tegas sebelum kemudian mereka bersepakat dan berpisah beberapa waktu lamanya.

Suatu hari Izra'il menemui nabi Ya'kub yang terkejut karena tidak ada tanda-tanda sebelumnya. Kemudian nabi Ya'kub pun bertanya, "Wahai sahabatku, apakah engkau datang untuk berziarah atau untuk mencabut nyawaku?"
"Aku datang untuk mencabut nyawamu." Jawab Izra'il.
"Lalu, mana ketiga utusanmu?" Tanya Nabi Ya'kub.
"Sudah kukirim. Putihnya rambutmu setelah hitamnya, lemahnya tubuhmu setelah kekarnya, dan bungkuknya badanmu setelah tegapnya. Wahai Ya'kub, itulah utusanku untuk setiap bani Adam." Jelas sang Malaikat Pencabut Nyawa.

Kisah tersebut mengingatkan kita tentang tiga tanda kematian yang akan selalu menemui anak cucu nabi Adam AS. Mulai dari memutihnya rambut, melemahnya fisik dan bungkuknya badan. Jika ketiga atau salah satunya sudah ada pada diri kita, itu berarti malaikat maut telah mengirimkan utusannya. Karena itu, setiap Muslim hendaknya senantiasa mempersiapkan diri untuk ikhlas menghadapi utusan kematian tersebut.

Lalu, bagaimana dengan mereka yang tanpa ketiga tanda tersebut telah meninggal dunia? Contohnya remaja yang meninggal karena kecelakaan atau sakit mendadak. Tentu itu adalah kuasa Illahi yang tidak patut manusia mengetahui atau menebaknya. Satu hal yang terpenting adalah setiap saat kita harus mempersiapkan diri untuk menyambut Malaikat Maut dengan memperbanyak amal ibadah, karena kematian itu pasti datangnya. Allah SWT berfirman, "Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati."(QS. Ali Imran [3]: 185).