4 Hal yang Sulit Dilakukan Manusia

iqrozen.blogspot.com | Hal yang Sulit Ditinggalkan. Manusia adalah makhluk yang tidak terlepas dari perbuatan dosa, meski pun dirinya seorang Nabi. Maka wajar jika masih sering kita melihat terjadinya perilaku-perilaku sesat dan maksiat yang dilakukan manusia dari generasi ke generasi. Selain karena lemahnya iman, perbuatan dosa sangat berpotensi terjadi karena godaan nafsu dan setan yang datang bertubi-tubi.

Ada empat hal sederhana yang tidak dapat dijauhi manusia, bahkan banyak yang sering melakukannya berulang-ulang. Mari bersama merenungkannya demi menjaga iman dan taqwa kita.
1. Menahan Marah
Hampir banyak umat manusia tidak terlepas dari sifat marah, bedanya ada yang meluap-luap dan ada yang diam terkontrol bahkan ada yang menjadikan orang itu akhirnya meninggal. Marah adalah hal yang sangat dibenci Allah karena biasa dibumbui oleh pengaruh setan sehingga mengundang azab Allah. Rasulullah SAW bersabda, yang artinya "Barangsiapa yang menahan amarahnya, maka Allah akan menahan adzab darinya."
Kemudian hadis Rasulullah yang lain menjelaskan bahwa barangsiapa yang menahan amarahnya, melapangkan dadanya, suka berbuat kebaikan, menyambung silaturrahim, dan menunaikan amanatnya, maka kelak pada hari Kiamat Allah s.w.t. akan memasukkannya ke dalam cahaya-Nya yang paling besar. (HR. Dailami).

Tim Iqrozen sedang mengkaji ilmu
2. Gemar Sedekah Walaupun Fakir
Jangankan orang miskin, tidak terhitung jumlahnya orang kaya raya yang jarang bahkan tidak pernah bersedekah. Inilah yang patut menjadi renungan, karena dengan saling berbagi akan terasa kebersamaan dan keindahan hidup bermasyarakat. Tentu bersedekah tidak hanya berupa harta benda, tenaga dan pikiran pun dapat disumbangkan kepada mereka yang memerlukan. Bahkan dalam Islam, senyum yang ikhlas juga merupakan bentuk sedekah. Lalu, sudahkah anda bersedekah hari ini paling tidak dengan senyuman?

3. Menjauhi Dosa di saat Sendirian
Tidak dapat dipungkiri bahwa godaan setan semakin dahsyat ketika sendirian, banyak hal buruk akan dilakukannya tanpa ada yang menegur. Maka sangat penting hidup berjamaah terutama demi menjaga iman dengan saling nasehat-menasehati. Adapun ketika sendirian, seseorang harus dapat bersikap iffah (menjaga diri untuk tidak terjatuh pada yang haram). Sebagai orang yang beriman dan ingin disebut sebagai 'afif, maka dia harus tetap berpegang teguh pada komitmen ketentuan syari'at.

4. Menasehati Pemimpin yang Zalim
Kembali lagi bahwa manusia tempatnya salah, maka harus ada saling menasehati antara satu dengan yang lain. Tidak terkecuali kepada pemimpin atau atasan kita, mereka pun tidak luput dari dosa dan khilaf. Tentu tata cara menasehati memiliki tingkat yang berbeda sesuai dengan siapa kita berbicara.

Inilah EMPAT HAL YANG SULIT dilakukan oleh hampir seluruh umat manusia. barangsiapa dapat dengan istiqomah melakukan ke empat hal tersebut, insya Allah rahmat Allah menyertai hidupnya. Semoga kita jua!!!