Gerakan Sosial untuk Korban Bencana

IQROZEN | Mari Bantu Saudara yang Terkena Musibah. Ada fenomena menarik yang dapat kita temui pada kehidupan masyarakat Indonesia secara umum, yakni aksi solidaritas yang sporadis ketika ada musibah terjadi di suatu tempat. Gerakan penggalangan dana dan bantuan serempak dilakukan oleh berbagai elemen massa baik yang dinaungi pemerintah maupun swasta. Hal ini semakin marak apabila musibah atau bencana tersebut terjadi di antara agenda pesta demokrasi, semisal pelaksanaan pemilu mulai dari tingkat daerah hingga tingkat pusat.

Sebagai insan sosial, fenomena ini tentu sangat relevan dan harus mendapat support dari berbagai pihak. Namun dari segi politik, hal ini sangat memberi dampak negatif bagi perkembangan pendidikan demokrasi pancasila yang menjadi platfom negara Indonesia. Coba bayangkan? Jika para calon pemimpin hanya mau membantu rakyatnya saat dirinya memiliki kepentingan politik semata. Kemana nasib rakyat selanjutnya ketika oknum-oknum tersebut tidak lagi atau gagal dalam bursa politik yang diidamkannya?

Terlepas dari semua itu, sebagai rakyat kita mesti terus menumbuh kembangkan rasa kepedulian terhadap sesama. Penggalangan bantuan yang ada harus mendapat dukungan dan keterlibatan kita semua secara bersama-sama. Sebagaimana keadaan negeri ini yang akhir-akhir ini sering disambangi bencana alam, mulai dari banjir, gempa, gunung meletus, badai, longsor dan musibah lainnya. Keadaan tersebut menjadi peluang untuk beramal sholeh dalam upaya perbaikan kehidupan sosial bangsa ini.

Langkah cerdas dalam menggalang dana yang harus kita lakukan salah satunya adalah dengan bergabung pada gerekan lembaga sosial yang tidak membawa bendera politik ataupun mengatasnamakan instansi perseorangan. Harapannya agar apa yang telah kita lakukan benar-benar dapat dirasakan oleh mereka yang sangat membutuhkan karena sedang dilanda musibah.

BMH Relawan Banjir
Mari satukan tekad menolong saudara-saudara kita yang sedang menderita. Datangi posko-posko sosial dan ikut aktif terlibat dalam gerakan penggalangan dana dan bantuan untuk korban bencana di Nusantara. Semoga inilah takdir Allah dalam menyatukan hati umat khususnya rakyat Indonesia.