Cara Cerdas Membeli Komputer Baru

IQROZEN | Tips Jitu Membeli Komputer. Zaman sudah semakin parah modernisasinya sehingga semakin menipis rasa belas kasih antara manusia yang satu dengan manusia yang lain. Hal ini biasa terjadi di dunia jual beli sebut saja barang-barang elektronik seperti komputer. Banyak kejadian yang mengakibatkan kerugian bagi para pembeli komputer karena salah dan tidak memahami ilmu saat membeli komputer. Berikut adalah tips dalam membeli komputer:

1. Sesuaikan Anggaran dengan Spesifikasi Komputer
  • PC GAMING. Spesifikasi dari sebuah PC Gaming terbilang cukup tinggi, ini dikarenakan perkembangan dari game-game yang membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi untuk dapat menghasilkan gambar yang lebih bagus dan berkualitas. PC Game lebih mengutamakan VGA Card yang akan Anda beli, semakin bagus kemampuan VGA Card Anda, maka semakin bagus pula kualitas game yang akan Anda dapatkan. Tentunya VGA Card yang bagus harus dibarengi oleh hardware yang lain. Untuk ukuran layar juga lebih baik menggunakan layar monitor yang lebih besar, minimal 17? inchi, monitor LCD jadi pilihan yang utama. Untuk urusan suara gunakan speaker yang bagus, minimal memiliki channel 2.1 dengan kekuatan 30 RMS. Tidak ketinggalan keyboard dan mouse juga harus disesuaikan dengan keperluan gaming. Estimasi Biaya Minimal PC GAMING Rp. 8 juta
  • PC MULTIMEDIA/ENTERTAINMENT. Spesifikasi dari sebuah PC MULTIMEDIA hardware CPU tidak terlalu tinggi, namun untuk perangkat multimedia yang digunakan harus memenuhi standar multimedia. Untuk hardware yang digunakan standar desktop PC, dengan Processor Standar, Memory cukup 512MB, Harddisk secukupnya, VGA onboard juga bisa, DVD-ROOM, Blue-Ray jika memungkinkan. Monitor yang digunakan minimal 17? inchi, tergantung kebutuhan Anda, lebih bagus lagi jika Anda membeli sebuah proyektor dan screennya (serasa memiliki bioskop dirumah sendiri). Untuk melengkapi kebutuhan multimedia Anda, gunakan speaker yang oke, gunakan yang sudah memiliki channel 5.1, channel 7.1 lebih bagus. Saat ini, untuk kebutuhan multimedia, standar audio bawaan dari mainboard yang Anda beli sudah cukup mumpuni. Tapi jika Anda menginginkan kualitas suara yang lebih, belilah Sound Card tambahan untuk keperluan audio Anda. Memang komputer multimedia lebih mahal pada perangkat tambahannya. Estimasi Biaya Minimal PC MULTIMEDIA Rp. 5 juta, apabila ditambah Projector+screen+Speaker 7 channel minimal dana sekitar Rp. 12 juta.
  • PC SMALL OFFICE. Spesifikasi dari komputer office ini terbilang standar-standar saja. Processor Celeron juga sudah cukup, VGA dan Sound Onboard, DVD-Room, Monitor Standar 15? inchi, harddisk 80GB, RAM 512MB, cassing mouse keyboard standar. Tidak ketinggalan sebuah printer Anda siapkan untuk keperluan printing dokumen. Spesifikasi tersebut sudah cukup untuk kebutuhan kantor dan kuliah seperti MS WORD, EXCEL, POWERPOINT, mendengarkan musik dan printing. Estimasi Biaya Minimal PC SMALL OFFICE Rp. 3 juta.
  • PC ANIMATOR/DESIGNER. Untuk komputer yang satu ini membutuhkan spesifikasi hardware yang tinggi, hampir setara dengan spesifikasi PC Gaming. Spesifikasi yang lebih tinggi akan lebih baik lagi, seperti memory yang digunakan diatas rata-rata (minimal 1GB, under Vista 2GB), kapasitas hardisk yang lebih banyak untuk menyimpan hasil karya dan referensi desain, dll, dengan kapasitas minimum 250GB. Apalagi untuk keperluan editing film, tentunya membutuhkan ruang harddisk yang lebih lagi. Untuk layar minimal 17? inchi (widescreen), lebih besar lebih baik, karena para designer dan animator bisa menjalankan beberapa aplikasi sekaligus dalam satu waktu. Penggunaan monitor ganda juga sangat memungkinkan untuk meningkatkan kinerja sang pemakai. Tambahan perangkat lain seperti printer dan scanner serta VGA Card Renderer juga diperlukan untuk mengoptimalkan kinerja sang empunya. Estimasi Biaya Minimal PC ANIMATOR/DESIGNER Rp. 15 juta.
  • PC GADO-GADO. Paket komputer ini merupakan paket yang memungkinkan Anda untuk mengkombinasikan dari ke-empat paket diatas. Cocok sekali untuk Anda yang tidak terlalu memikirkan budget dan untuk keperluan apa saja. Untuk yang bebudget minimal juga dapat membeli komputer paket ini. Estimasi Biaya Minimal PC GADO-GADO Rp. 2,5 juta.
2. Cari referensi harga dari tabloid atau majalah, setelah Anda menentukan budget, langkah selanjutnya adalah mencari referensi harga, bisa melalui tabloid, majalah ataupun internet. Dari referensi tersebut Anda dapat memilih komponen-komponen apa saja yang Anda dapatkan dari budget yang Anda miliki. Coba Anda tulis-tulis sendiri dan bandingkan harga-harga yang ada. Pastikan Anda mendapat komputer dengan kualitas bagus dan harga yang bersaing.

3. PC Rakitan atau Build Up, setelah Anda mendapatkan referensi harga dan produk, tentukan apakah Anda akan membeli PC Rakitan atau PC Build Up. Harga keduanya memang berbeda cukup signifikan, ini dikarenakan untuk PC Rakitan Anda hanya akan mendapat garansi Toko selama setahun dan tidak mendapatkan software ataupun sistem operasi, kalaupun dapat tentunya itu adalah bajakan. Sedangkan untuk PC Build Up harga yang ditawarkan memang lebih mahal, ini dikarenakan sistem operasi dan software bawaannya berlicensi, jadi harga penjualan sudah termasuk harga software legal, dan Andapun dapat garansi hardware dan software dalam jangka waktu yang ditentukan oleh perusahaan (bisa sampai 2-3 tahun).

4. Bertanyalah lebih lanjut pada orang yang mengerti hardware komputer, jangan malu untuk bertanya pada orang yang lebih mengerti hardware komputer. Mintalah pendapat orang tersebut tentang komputer yang akan saudara beli.

5. Berdoalah semoga bertemu dengan penjual yang jujur, baik, murah senyum, beriman dan COMEL. Baca juga artikel menarik lainnya di bawah ini. Syukron.....
Orang Hebat Memilih komputer