Program bagi Petani dan Peternak

IQROZEN | Pemerataan Pembangunan Demi Kesejahteraan Tani. Pemerintah terus berupaya memajukan pembangunan secara merata di seluruh wilayah Indonesia. Berbagai program pun telah diluncurkan dengan anggaran yang tidak sedikit. Sayangnya, hasil yang diinginkan belum sesuai dengan harapan seluruh rakyat terutama mereka yang tinggal di daerah terpencil. Masih banyak tempat-tempat umum dan sarana publik yang jauh dari kategori layak pakai. Keadaan ini sangat dirasakan para petani dan peternak yang ingin memasarkan ataupun mengembangkan usahanya.

Ada program menarik yang patut dicontoh dan disebarluaskan demi mengembangkan usaha tani yang merupakan mata pencaharian mayoritas penduduk Indonesia. Sebagaimana yang telah dilakukan Kelompok Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) kabupaten Pangandaran yang bertekad untuk mampu berkarya dengan Konsep Membangun Dari Desa Dengan Karya Kekaryaan yang nyata. 
Salah satu programnya adalah SIKEPIS
S = Sistem
I  = Integrasi
K = Kakao, kelapa, kambing, kelinci, karet, kapol, kadu, kedelai, kacang, dll;
E = Enau, entog, dll;
P = Padi, Pisang, pepaya, palawija, dll;
I  = Itik, ikan, dll;
S = Sapi, singkong, sayuran, dll.
Contoh Tambak Ikan Batam

Sudah barang tentu banyak kendala yang menjadi penghambat setiap program, namun tidak ada salahnya juga untuk mencoba salah satu program yang telah berhasil dilaksanakan oleh kelompok tani daerah lain yang ternyata memberi dampak yang cukup gemilang dan memuaskan. Semoga seluruh petani di Indonesia dapat segera bangkit untuk meraih kesejahteraan.