Inilah Hukum Merayakan April Mop

IQROZEN | Inilah Hukum Merayakan April Mop. Waktu bergulir begitu cepat, masih terasa euforia April Mop tahun lalu. Dan kini kita kembali disuguhi berita tentang Perayaan April Mop yang dilakukan di beberapa tempat oleh sekelompok orang. Bahkan, di kalangan remaja. April Mop seakan-akan telah menjadi budaya ketika mereka ingin membuat kejutan kepada kekasih, sahabat atau yang lainnya. Baca juga artikel tentang Larangan Merayakan Valentine's Day.

Apa itu April Mop? Pertanyaan inilah yang nampaknya belum dipahami oleh sebagian besar pelaku dan pengikut April Mop. April Mop semacam lelucon yang dibuat setiap 1 April agar orang lain tertawa karena kebodohan orang lain (mengerjai seseorang sebagai target). Lelucon tersebut sangat sarat kebohongan dan pembodohan karakter mereka yang menjadi korban, bahkan tidak jarang sampai menyakiti atau membuat trauma orang yang dikerjai tersebut.

Lalu, Bagaimana Hukum Islam menyikapi April Mop? Sudah jelas segala hal yang berhubungan dengan kebohongan adalah dosa. Rasulullah SAW membolehkan kita bercanda asalkan tidak dengan kebohongan. Rasulullah juga mengancam orang-orang yang sekedar membuat kebohongan demi orang lain tertawa terbahak-bahak. Beliau bersabda, “Celakalah orang yang berbicara kemudian dia berdusta agar suatu kaum tertawa karenanya. Kecelakaan untuknya. Kecelakaan untuknya.” (HR. Abu Daud dan Tirmidzi).

Ada sebuah kisah menarik di zaman sahabat Rasulullah dahulu kala, dimana ketika salah seorang sahabat berjalan bersama Rasulullah, lalu mereka melihat ada seseorang di antara mereka yang tertidur dan sebagian mereka menuju tali yang dimiliki orang tersebut dan mengambilnya. Lalu ia pun khawatir (takut). Lantas Rasulullah bersabda, “Tidak halal bagi seorang muslim menakut-nakuti muslim yang lain.” (HR. Abu Daud dan Ahmad).

Dari uraian singkat di atas, jelaslah segala bentuk permainan atau percandaan yang mengandung unsur kebohongan atau dibuat-buat sehingga menyebabkan orang lain (dalam hal ini sang korban) adalah dosa yang harus ditinggalkan. Dapat dikatakan jika April Mop yang dirayakan adalah suatu permainan yang mengedepankan kebohongan dan bertujuan mengerjai orang lain maka Hukum Islam Mengharamkan April Mop. Tentu semua ini demi kebaikan umat Islam itu sendiri dan demi menjauhkan diri dari perilaku DUSTA. Wallahu 'alam bis Showab!!!
Awas Budaya April Fools Day