Pesan Raja Iskandar Zulkarnaen

IQROZEN | Iskandar Zulkarnaen adalah seorang panglima perang yang tidak pernah kalah di medan tempur. Banyak negeri yang ditaklukannya dengan taktik dan siasat ulung dalam setiap peperangan sehingga hampir semua lawannya pontang-panting bila berhadapan dengannya. Sekitar 1/8 bagian permukaan bumi yang dikuasai oleh Raja Iskandar. Baca juga Profil 4 Tokoh Hebat Pemimpin Dunia.

Namun, sehebat apapun manusia, dirinya akan takluk juga oleh takdir. Demikian halnya Raja Iskandar yang hebat dan tersohor di zamannya. Akibat sakit yang kononnya bermula dari gigitan nyamuk, sehinggak beliau terkena demam tinggi dan menderita penyakit malaria. Raja Iskandar akhirnya meninggal dunia. Sebelum meninggal, Raja Iskandar sempat berpesan yang intinya ditujukan kepada seluruh manusia yang ada di muka bumi ini.

Berikut kutipan pesan dari Raja Iskandar Zulkarnaen yang telah banyak dimuat oleh berbagai sumber, baik cetak maupun online.
Kalau nanti aku meninggal dunia, masukkanlah jenazahku ke dalam peti mati. buatkanlah lubang pada kedua sisi luar dan melalui lubang itu, julurkanlah kedua tanganku keluar. Araklah jenazahku dengan kereta terbuka keliling Makedonia dengan perlahan. Agar bangsa-bangsa yang pernah aku taklukkan, menyaksikan dengan mata kepala sendiri betapa Iskandar yang Agung, yang Perkasa, yang selalu menang dalam perang, saat kematiannya tidak membawa apa-apa. Tidak itu sebongkah emas. Supaya para raja, para penguasa, dan para panglima di zaman setelahku kelak, tidak akan sombong dengan kekuasaan mereka. Sebab, ternyata ujung semua kebesaran, keagungan adalah kematian dan manusia tidak berdaya untuk menghindarinya.
Ilustrasi Perang Raja Iskandar Zulkarnaen
Taken by http://acehimage.com
Demikian pesan sang Raja Agung, Iskandar Zulkarnaen yang memberi banyak pelajaran akan arti sebuah kehidupan. Kehidupan sejati yang perjalanannya tidak memerlukan Harta ataupun Tahta, melainkan amal ibadah dan ketaqwaan yang menjadi penyelamat setiap ummat. Semoga Allah menjadikan kita sebagai ummat yang amanah dalam menjaga harta dan tahta yang telah dipercayakan di pundak kita, seberapapun itu nilainya....