Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala

IQROZEN | Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala. Perlu diakui jika keberadaan kompor gas dewasa ini dan khususnya di wilayah perkotaan, cukup membantu kaum ibu untuk lebih mudah dalam menyajikan buah karya masakannya. Berbeda dengan kondisi di daerah atau pelosok yang masih banyak kayu hutan, aktivitas memasak zaman modern sudah tidak memadai jika hanya mengandalkan kayu hutan. Namun sudah menjadi kodrat kehidupan, bahwa apapun itu selalu saja ada kekurangan dan kelemahannya.

Salah satu hal penting yang menjadi masalah para juru masak adalah ketika kompor gas yang digunakan tidak bekerja maksimal. Pengalaman pribadi saya sebagai kepala keluarga yakni ketika kompor gas yang sehari-hari digunakan istri di rumah, tiba-tiba ngambek tanpa sebab. Panik, tentu menjadi pilihan apalagi bila mengingat seabrek kasus tabung gas yang meledak dengan beragam sebab-musababnya. Lihat postingan sebelumnya tentang TEROR LEDAKAN TABUNG GAS.

Herannya, jarum penunjuk pada regulator aktif dan menunjukkan tanda bahwa tabung gas dalam kondisi full. Sementara, api tidak kunjung menyala meski kompor sudah berulang kali dinyalakan. Secara logika, tidak ada masalah dengan tabung gas namun mungkin terdapat eror pada kompor atau ada sesuatu yang menghambat aliran gas menuju kompor.

Lalu, bagaimana cara mengatasi kompor gas yang tidak dapat menyala?
Apabila anda ketikkan keyword di atas pada mesin pencarian internet belum tentu mendapat jawaban yang sesuai, andaikan ada tentu sangat terbatas dan sulit ditemukan. Saya pribadi belum menemukan, mungkin karena saat itu saya sedang panik. Dan atas saran dari tetangga yang profesinya sebagai juru masak, ternyata cukup mudah mengatasi kompor gas yang tidak mau menyala.

Caranya, lepas regulator dari tabung gas. Ketuk ujung selang atau bagian regulatornya dengan perlahan. Ingat. PERLAHAN, agar tidak merusak regulator atau menyebabkan kebocoran pada selang gas karena dapat membahayakan. Lakukan beberapa kali sampai anda yakin kotoran atau apapun yang menyumbat aliran gas dapat terurai. Setelah itu pasang dan coba nyalakan lagi, apabila belum berhasil maka ulangi cara tadi dengan sabar. Namun bila masih juga belum berhasil, sebaiknya serahkan pada ahlinya daripada menanggung resiko akibat ledakan tabung gas.
Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala
Cara tersebut sudah saya buktikan sekali dan berhasil. Alhamdulillah, kejadian itu hanya sekali terjadi selama kurang lebih tiga tahun istri saya memasak menggunakan kompor gas tersebut. Sekiranya ada trik lain yang lebih efektif dan tidak membahayakan, sangat dipersilakan untuk melengkapi artikel tentang Cara Mengatasi Kompor Gas Tidak Menyala ini dengan berkomentar yang baik lagi membangun. Terima kasih dan semoga bermanfaat.