Kisah Cara Menangkap Kera

iqrozen.blogspot.com | Cara Menangkap Kera. Konon, ada seekor kera yang sangat suka makan buah ceri. Pada suatu hari ia melihat buah ceri yang lezat dan meneteskan air liurnya. Kera itupun turun dari pohon untuk memetiknya. Tetapi ternyata buah ceri itu berada dalam sebuah botol gelas yang sangat bening. 

Setelah beberapa kali dicoba, kera itu mengetahui bahwa ia bisa memasukkan tangannya, ia mengepalkannya untuk memegang buah ceri itu. Namun, kemudian disadarinya bahwa tangannya yang terkepal itu tidak bisa ditariknya ke luar karena ternyata lebih besar dari leher botol tersebut.

Buah ceri dalam botol itu memang disengaja dan dipasang oleh seorang pemburu kera yang mengetahui cara berpikir kera. Si Pemburu mendengar rengekan kera, ia datang  mendekat  dan kerapun berusaha melarikan diri. Tetapi karena, menurut pikiran kera, tangannya lekat ke botol ia pun tidak bisa lari kencang. Namun, begitu pikirnya, ia masih menggenggam buah ceri itu. Si Pemburu pun menangkapnya. Sesaat kemudian siku kera itu pun dipukulnya sehingga genggaman kera pada buah ceri akhirnya mengendor dan tangan kera dapat ke luar botol dengan mudah.
Topeng Monyet menggunakan Kera Jinak
Sumber dari kumpulan kisah-kisah dalam Buku Amu oleh  Khwaja  Ali  Ramitani

Akhirnya, kera itu terbebas dari botol, tetapi ia tertangkap manusia. Si Pemburu telah mempergunakan ceri dan botol tersebut sebagai perangkap tanpa melukai kera itu. Kini botol dan buah ceri masih sering kita temui namun jarang dipergunakan untuk menangkap kera. Pemburu saat ini lebih kejam dan sadis dalam menangkap kera. Tidak segan mereka menembak atau membuat jebakan lainnya yang mematikan. Apa komentar saudara tentang CARA MENANGKAP KERA zaman dulu itu?