Tutorial Kaya Dalam Al-Quran dan As-Sunnah

IQROZEN | Tutorial Kaya Dalam Islam. Hidup di dunia merupakan rangkaian ibadah yang kelak semuanya akan kembali kepada Allah SWT. Apapun yang dilakukan seseorang dalam menjalani kehidupan ini baik dia kaya maupun miskin, wajib mempertanggungjawabkan di hadapan sang Pencipta. Dan hal yang paling sensitif adalah harta yang mengelilingi umat manusia, karena di balik harta terdapat jebakan syetan yang menyesatkan. Baca juga artikel sebelumnya terkait Langkah Bijak Seorang Muslim dalam Menghadapi Musibah.

Banyak orang yang demi hidup bergelimang harta melakukan berbagai cara untuk mewujudkannya, tidak jarang yang kemudian menempuh jalan haram yang dilaknat Allah dan Rasul-Nya. Kekayaan yang sementara tersebut juga telah banyak melalaikan manusia dari mengingat Tuhannya, bahkan ada yang berpaling dari Allah setelah dirinya sukses bergelimang harta.

Namun tidak sedikit manusia yang kufur karena menjalani hidup di bawah garis kemiskinan, mereka kemudian menuntut keadilan Allah yang mengatur rezeki setiap makhluk hidup. Sementara dirinya tidak pernah mempelajari Tutorial Kaya yang telah diajarkan Alquran dan as-Sunnah. Bagi siapapun yang merasa kehidupannya dalam kekurangan dan mengharap limpahan rezeki patut merenungkan firman Allah berikut ini:

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkah hartanya di jalan Allah), maka Allah akan melipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezeki) dan kepada-Nya lah kamu dikembalikan.” (Al Baqarah : 245 )

Dengan kata lain, ayat Alquran tersebut mengajarkan manusia untuk bersedekah di jalan kebaikan, karena sedekah akan membuka pintu rezeki. Senada dengan hadis Rasulullah SAW yang memerintahkan umatnya untuk bersedekah. Beliau bersabda, “Bersedekahlah kalian, karena sesungguhnya sedekah dapat menambah harta yang banyak. Maka bersedekahlah kalian, niscaya Allah menyayangi kalian." (Al-Wasail 6: 255, hadis ke 11)

Tutorial Kaya dalam Islam

Dari uraian singkat di atas, marilah sobat sekalian yang lapang rezeki terus berbagi sedangkan bagi yang masih hidup pas-pasan tetaplah berbagi apapun yang dapat dibagikan di jalan Allah. Niscaya kebaikan dan rezeki Allah akan turun sebagai balasan yang bisa jadi lebih besar dari apa yang telah sobat lakukan. Dan saya pribadi hanya dapat berbagi doa dan artikel sederhana ini, semoga dapat menjadi motivasi kepada kita semua untuk sukses tanpa batas. Amiin ya Robbal 'Alamiin.