5 Strategi Meningkatkan SEO Blog

IQROZEN | 5 Strategi Meningkatkan SEO by Alex Chris. Sudahkah blog kita SEO? Apabila sudah, bagaimana cara meningkatkan SEO tersebut? Karena tidak cukup dibilang SEO saja, blog harus mampu menunjukkan kualitasnya di mata search engine yang nota-bene di sana juga terdapat ribuan bahkan jutaan  blog SEO lainnya. Baca juga Penjelasan Seputar Strategi SEO.

Inilah sekiranya yang senantiasa menjadi perbincangan para Master blog sehingga pembahasan tentang blog yang SEO tidak ada habisnya. Menurut Alex Chris, strategi SEO merupakan sebuah proses yang bersifat dinamis dan sangat memerlukan kontrol secara intensif. Hal ini sangat berpengaruh pada hasil kinerja blog itu sendiri, jangan sampai SEO yang berkualitas tidak dijaga karena dengan sendirinya akan tersisihkan oleh ketatnya persaingan dunia blogging.
5 Strategi Meningkatkan SEO Blog

Berikut ada 5 strategi meningkatkan SEO blog sehingga dapat menghasilkan kinerja yang memuaskan:
1. Pahami aturan dasar SEO
Suka tidak suka, rela tidak rela, bagi blogger pemburu SEO harus memahami dan mentaati aturan yang telah dibuat dalam dunia SEO. Sehingga apabila semua telah berjalan sesuai dengan kaidah dan aturan maka akan sangat mudah untuk mengoptimalkna SEO blog tersebut.

Aturan dasar SEO yang perlu diperhatikan mulai dari judul, deskripsi, struktur URL dan hal-hal lain yang memiliki peran penting dalam eksistensi sebuah blog. Makanya sangat disarankan untuk menggunakan Daftar Audit SEO, untuk memandu proses dan rencana yang telah disusun di dunia blogging.

2. Patuhi algoritma
Salah satu penyebab strategi SEO yang dibangun kemudian gagal adalah karena adanya pelanggaran pedoman Webmaster Google yang dapat memberi hukuman pada blog siapa pun dan kapan pun. Terlebih lagi, kebiasaan melakukan link building baik itu membeli paket atau bertukar link gratis yang berlebihan sangat rentan mengundang Panda, Pinguin dan antek-anteknya datang menghukum blog kita.

Jika semua itu terjadi, kita harus segera menghapus link yang tidak wajar tersebut kemudian meminta webmaster Google untuk meninjau kembali dan memastikan blog kita telah terbebas dari hal-hal berbau spammer tersebut.

3. Hidup selalu ada pesaing
Banyak blogger yang sukses dalam urusan key word, niche dan lainnya, namun mereka gagal dalam kompetisi SEO. Bukan berarti dirinya tidak mampu meningkatkan strategi SEO, boleh jadi ada banyak orang lain yang lebih optimal dan konsisten dalam menjaga kualitas SEO.

4. Memahami SEO on-page dan SEO off-page
Poin ini sudah banyak dijelaskan sobat blogger terkemuka, jadi silakan browsing dan sedot setiap tips dan triks terkait optimalisasi blog baik secara on-page maupun off-page.

5. Responsive
Tidak hanya dalam urusan template kita harus responsive, banyak hal yang menuntut seorang blogger untuk terus berinteraksi dengan blognya. Artinya, blog SEO dikelola secara aktif dan berkesinambungan, coba bayangkan jika ada blog SEO tapi tidak update dalam setahun? Kita juga harus siap ketika harus merespon tanggapan orang lain terhadap blog kita, termasuk responsive terhadap trending topik dan hal-hal yang diperlukan netter sejagat ini.

Demikian sekiranya 5 Strategi Meningkatkan SEO, apapun upaya tanpa rencana strategis yang dipantau dan diawasi secara teratur sangat rentan tersingkir oleh persaingan. Semaksimal mungkin kita menganalisis kinerja blog dan mengidentifikasi kelemahan maupun keunggulannya demi menjaga eksistensi kualitas SEO blog yang telah terbangun. Selamat berkompetisi di dunia SEO!!!