Black Box dan Rahasia Penerbangan

IQROZEN | Perangkat penerbangan yang begitu penting dan senantiasa dicari adalah Black Box atau Kotak Hitam. Dalam setiap kecelakaan pesawat hal yang paling sering dibicarakan selain penumpang juga letak kotak hitam, hal ini dikarenakan alat tersebut memiliki peran vital dalam mendokumentasikan setiap kejadian dalam penerbangan. Demikian halnya Black Box milik pesawat Air Asia QZ8501 yang hingga kini belum ditemukan, meski ekor pesawat yang merupakan tempat diletakkannya telah berhasil dievakuasi. Baca juga Inilah Hasil Pencarian Pesawat Air Asia QZ 8501.
Black Box dan Rahasia Penerbangan
Illustrasi
Apa Itu Black Box?
Kotak Hitam atau black box adalah alat yang berfungsi merekam setiap aktivitas pada penerbangan (flight data recorder; FDR) dan juga suara kokpit (cockpit voice recorder; CVR). Selain itu, dapat juga digunakan untuk mengetahui tekanan udara saat sedang terbang. Meskipun namanya Kotak Hitam namun kondisi realnya berwarna ORANGE sebagaimana warna kebesaran tim SAR. Menurut berbagai sumber penemu Kotak Hitam adalah dr. David Warren yang kemudian dirancang di Australia.
Inilah Penampakan Black Box
Picture by Google

Nah, seberapa pentingnya kotak hitam hingga harus diburu oleh pihak KNKT (atau tim invetigasi penerbangan lainnya) merupakan bukti jika kehidupan ini selalu memiliki rahasia untuk diungkap. Rahasia penerbangan dapat diketahui dengan adanya kotak hitam, sehingga alat ini didesain khusus dan tahan terhadap benturan agar dapat aman saat merekam rahasia yang ada di saat terjadinya kecelakaan pesawat terbang. Namun sejatinya pemilik hal yang ghaib hanyalah sang Pencipta, maka sejauh apapun upaya manusia haruslah kembali berdoa dan memohon petunjuk-Nya.

Mungkin sekilas informasi tentang Black Box yang sampai detik ini masih menjadi perbincangan karena sudah begitu banyak black box yang dibuat namun banyak juga yang hilang entah kemana rimbanya, raib bersama rahasia yang tersimpan di dalamnya. Semoga postingan saya ini dapat memberi informasi dan inspirasi akan hakikat Rahasia Illahi dan dialektika kotak hitam.