Ada Apa Dengan KPK dan Polri?

IQROZEN | Panggung sandiwara kehidupan di negeri ini mempertontonkan drama perseteruan antara KPK versus Polri. Kisah ini bukanlah episode baru, melainkan penggalan cerita klasik yang mengambil setting kehidupan politik di bawah kekuasaan Kabinet Kerja. Banyak sorotan publik terhadap fenomena korupsi di Indonesia, tidak hanya dari dalam negeri bahkan beberapa negera asing ikut mengomentari tradisi korup di bumi Pertiwi ini. Baca juga Segalanya Tentang Mengapa Korupsi Membayangi Umat.

Lihat wall di beberapa media sosial, tidak jarang yang mengkritisi sepak terjang pemimpin kita karena dianggap lamban menengahi polemik KPK - Polri. Ada yang menyalahkan ini dan itu, ada pula yang mendukung gerakan selamatkan intitusi KPK dan Polri. Karena kita semua mengetahui jika kedua lembaga tersebut merupakan badan otonom yang berandil besar dalam upaya penegakan hukum terutama perihal Tindak Pidana Korupsi.

Mengapa harus KPK dan POLRI?
Dialektika perseteruan KPK - Polri sebagai upaya pelemahan hukum Indonesia nampaknya perlu mendapat perhatian khusus. KPK sebagai Komisi Pemberantasan Korupsi yang dibentuk langsung oleh Presiden dengan tujuan menekan laju perilaku korup tentu sangat penting keberadaannya. Demikian halnya keberadaan Kepolisian Republik Indonesia (Polri) sebagai lembaga anti kriminal tentu sangat cocok bila disandingkan dengan KPK untuk memburu para Koruptor. Lalu, mengapa KPK dan Polri justru kini yang diadu?
Dukungan Rakyat Untuk KPK dan Polri
by facebook

Inilah sekiranya yang disebut tumbal politik, dimana ada kepentingan golongan tertentu yang kemudian memanfaatkan keberadaan dua lembaga penting negara untuk mengelabui rakyat. Bahkan kepentingan itu semakin dahsyat membentur sendi-sendi kehidupan rakyat, sehingga rakyat hidup dalam kecemasan. Coba bayangkan harga bahan pokok yang masih tinggi di pasaran, dilengkapi dengan kelangkaan beberapa bahan pendukung primer seperti gas dan BBM. Bukankah masalah harga dan kelangkaan komiditi tersebut lebih penting nan utama untuk diselesaikan?

Sebagai rakyat, kita patut mendoakan kebaikan dan berharap dikembalikannya lagi kejayaan negeri ini dengan ditandai oleh kokohnya lembaga penegak hukum. Bersatunya KPK dan Polri dalam upaya menjunjung keadilan di tanah air Indonesia menjadi sebuah keniscayaan yang tidak boleh lagi digadaikan oleh siapa pun. Semoga elite bangsa ini dapat segera guyup-rukun agar rakyat pun meniru sehingga kehidupan yang adil dan sejahtera terwujud di bumi kita ini...