Cara dan Syarat Mendaftar BPJS Kesehatan

IQROZEN | Cara & Syarat Lengkap Mendaftar BPJS Kesehatan. Sebagai rakyat Indonesia, hidup sehat nampaknya akan dengan mudah terwujud seiring program pemerintah dalam menjamin kesehatan warganya. Program BPJS Kesehatan merupakan salah satu cara meringankan beban biaya pengobatan bagi rakyat yang kurang mampu. Karena dengan BPJS Kesehatan, setiap warga dapat membayar iuran bulanan kesehatan yang disesuaikan dengan kemampuan ekonominya, yakni mulai dari level 1 (Rp. 59.500,-), Level 2 (Rp. 42.500,-) dan terakhir level 3 (Rp. 25.500,-). Silakan pilih salah satu levelnya.

Apa itu BPJS Kesehatan?
Sebelum mendaftar BPJS Kesehatan, ada baiknya anda memahami untuk apa mengurus BPJS Kesehatan. Mengutip artikel dari laman Wikipedia yang menjelaskan bahwa:
BPJS Kesehatan (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan) merupakan Badan Usaha Milik Negara yang ditugaskan khusus oleh pemerintah untuk menyelenggarakan jaminan pemeliharaan kesehatan bagi seluruh rakyat Indonesia, terutama untuk Pegawai Negeri Sipil, Penerima Pensiun PNS dan TNI/POLRI, Veteran, Perintis Kemerdekaan beserta keluarganya dan Badan Usaha lainnya ataupun rakyat biasa.
BPJS Kesehatan yang sebelumnya bernama Askes (Asuransi Kesehatan) bersama dengan BPJS Ketenagakerjaan (dahulu bernama Jamsostek) merupakan program pemerintah dalam kesatuan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diresmikan pada tanggal 31 Desember 2013. Untuk BPJS Kesehatan mulai beroperasi sejak tanggal 1 Januari 2014, sedangkan BPJS Ketenagakerjaan mulai beroperasi sejak 1 Juli 2014.
Bagaimana Cara Mendaftar BPJS Kesehatan?
Selanjutnya saya akan menyampaikan cara mudah mendaftar BPJS Kesehatan lengkap dengan syarat-syarat yang harus dibawa. Berikut cara mendaftar BPJS Kesehatan:
1. Isi formulir yang tersedia di loket pendaftaran BPJS Kesehatan.
2. Serahkan isian formulir tersebut disertai syarat-syaratnya ke petugas loket pendaftaran.
3. Tunggu panggilan verifikasi oleh petugas, bila isian formulir dan syarat sudah lengkap anda akan mendapatkan nomor rekening dan jumlah biaya yang harus dibayar.
4. Carilah ATM terdekat untuk transaksi pendaftaran BPJS Kesehatan. Perlu diingat bukan ditransfer tetapi pilih menu PEMBAYARAN yang ada di mesin ATM.
5. Bawa bukti transaksi ke petugas BPJS Kesehatan tempat anda mendaftar tadi.
6. Selesai (anda akan diberi ID Card BPJS Kesehatan).

Nah, untuk persyaratan silakan bawa Photo 3 x 4 satu lembar, KTP dan dokumen data diri lainnya, ata lebih jelasnya lihat gambar berikut:


Demikian tutorial sederhana terkait Cara Mendaftar BPJS Kesehatan yang banyak dikeluhkan oleh warga terutama masyarakat awam. Semoga dapat membantu!!!