Kriteria Istri Menurut Rasulullah SAW

IQROZEN | Kriteria Istri Menurut Rasulullah. Islam merupakan agama yang sangat menjunjung harkat dan martabat wanita, wajar bila al-Qur'an banyak menjelaskan tentang peranan wanita terutama sebagai seorang istri. Demikian halnya Rasulullah SAW dalam banyak hadis juga memberi perhatian yang luar biasa terhadap kaum hawa ini. Baca juga artikel tentang Islam dan Emansipasi Wanita.

Banyak kisah hikmah dan hadis Rasulullah yang menggambarkan kemuliaan seorang wanita, salah satunya adalah perihal istri soleha. Tentu banyak indikasi untuk menjadi istri soleha, paling tidak memiliki kriteria sebagaimana yang telah Rasulullah jelaskan. Berikut ini adalah dua hadis Rasulullah SAW yang menjelaskan Kriteria Wanita ketika Dirinya telah Menjadi Seorang Istri:

Hadis ke-1: "Sebaik-baik wanita itu ialah wanita yang melahirkan anak, yang penyayang; yang memelihara kehormatannya; yang mulia pada kaca mata ahli keluarganya; yang menghormati suaminya; menghiaskan dirinya hanya untuk suaminya tercinta; memelihara diri daripada pandangan orang lain; yang mendengar kata-kata suaminya dan mentaati segala perintahnya. Apabila bersama suaminya, dia memberikan apa saja yang diperlukan suaminya dan dia tidak pula menolak ajakannya; serta tidak merendah-rendahkan atau menghina kedudukan suaminya di hadapan orang lain.” (Riwayat Al Tausi).

Hadis ke-2: "Mahukah aku beritahukan kepada kalian, isteri-isteri kamu yang menjadi penghuni syurga ialah isteri yang penuh kasih sayang, banyak anak, selalu kembali merujuk kepada suaminya. Di mana jika suaminya marah, dia mendatangi suaminya dan meletakkan tangannya pada tangan suaminya seraya berkata: "Aku tak dapat tidur sebelum engkau reda". (riwayat al-Nasai dalam Isyratun Nisa no. 257).

Demikian postingan saya kali ini tentang Kriteria Seorang Istri Menurut Rasulullah SAW. Semoga semakin banyak generasi-generasi istri soleha yang lahir di muka bumi ini, agar perhiasan dunia ini semakin bersinar hingga ke Syurga. Jangan segan berkomentar dan mengunjungi postingan saya lainnya tentang Cara Menambah Admin dan Author Blog.
Kriteria Istri Soleha
By Google