Cara Efektif Khatam Alquran Minimal Satu Juz Sehari

IQROZEN | Cara Efektif Khatam Alquran Minimal Satu Juz Sebulan. Banyak orang berlomba-lomba memperbanyak amal selama hidup di dunia ini, terutama di bulan Ramadhan yang setiap pahala kebajikan dilipatgandakan nilainya. Salah satu amalan yang cukup mudah dan gratis tanpa biaya adalah Taddarus Alquran. Maka tidak heran jika pada bulan Ramadhan setiap masjid dan Mushola ramai dengan dendang ayat-ayat Allah. Karena di bulan Ramadhan pertama kali wahyu Alquran diturunkan pada malam Nuzulul Quran. Baca juga artikel terkait Alquran Mencerdaskan Ummat.

Berapa Juz Target Baca Alquran?
Inilah pertanyaan yang sering terabaikan, sehingga fenomena masjid dan mushola ramai di awal Ramadhan sangat sering kita temukan. Banyak orang yang rajin dan bersemangat membaca Alquran pada pekan pertama dan kedua, itupun sudah berkurang. Alasannya tentu banyak hal, mulai dari kesibukan, malas dan lain sebagainya. Mungkin ini dampak dari membaca Alquran tanpa target berapa kali khatam. Katakanlah bila target satu jus satu hari maka kita paling tidak di bulan Ramadhan ini dapat khatam sekali, syukur jika bisa lebih dari itu.

Bagaimana Cara Mencapai One Day One Juz (ODOJ)?
Ini pengalaman pribadi yang ingin saya bagikan dan sudah beberapa kali Ramadhan saya terapkan, Alhamdulillah hasilnya lumayan paling tidak saya dapat khatam sekali sebulan. Pertama, yang terpenting adalah niat, apabila kita sudah berniat hanya mengharap ridho Allah maka urusan dan penilaian dunia aka tersisihkan secara otomatis. Kedua, menyiapkan waktu khsusus untuk membaca Alquran minimal sehari 3 kali, yakni; pagi (sebelum atau sesudah shubuh), sore (sesudah ashar atau sesudah maghrib) dan malam (bebas tak terbatas). Jika satu juz Alquran kita rata-rata 8-10 lembar, maka kita cukup membaca minimal 3 lembar setiap waktu yang telah ditentukan tadi.

Terakhir, perlu istiqomah dalam menjalankan setiap upaya karena cukup banyak orang yang getol di awal tetapi melempem di tengah apalagi menjelang akhir. Dengan menjaga istiqomah, insya Allah rutinitas itu terasa ringan dan secara sendirinya akan membentuk karakter dalam diri.
Cara Efektif Meraih One Day One Juz
Putri Abu Zaini
Demikian postingan tentang Cara Efektif Khatam Alquran Minimal One Day One Juz, mumpung euforia Ramadhan masih hangat dan terus akan datang setiap tahunnya. Marilah kita bersama-sama berupaya meningkatkan keimanan dan ketaqwaan agar dapat meraih gelar Muttaqin.  Semoga postingan ini dapat memberi inspirasi dan motivasi tersendiri bagi anda yang ingin sukses dunia akhirat. Amiin...