5 Hal Mengoptimalkan Blog Agar SEO Friendly

IQROZEN | Inilah 5 Hal SEO yang harus diperhatikan Blogger dalam Mengoptimalkan Lalu Lintas ke Blognya. Bagi Blogger terlebih pemula sangat sering tidak mengindahkan hal-hal yang dapat meningkatkan trafik blognya. Meski dirinya sudah sering berkoar-koar mempromosikan blognya, tetap saja jumlah pengunjung Blog segitu-gitu saja. Bahkan tidak jarang yang berputus asa karena lalu lintas ke blognya tidak kunjung meningkat sementara banyak hal telah dilakukan untuk blognya.

Sebenarnya, pengguna blogspot sudah sangat dimanjakan pihak google dengan layanan yang tersedia. Kita dapat mengoptimalkan blog cukup dengan banyak ping google, promosi dengan G+, submit url di blogsearch dan webmaster, memanfaatkan album picasa, serta masih banyak fitur lainnya. Namun sayang semua itu membutuhkan ketelatenan dan kesabaran tingkat dewa dan harus berkesinambungan. Sementara banyak blogger melupakan hal-hal dasar dalam aktivitas bloggingnya, setidaknya ada 5 hal yang perlu menjadi perhatian khusus.
1. Ejaan URL / Permalink yang terstruktur
Mesin pencari seperti Google, Bing dan Yandex sangat memperhatikan spesifikasi dan struktur kata dalam URL. Sementara ada yang membuat judul asal-asalan tanpa memperhatikan kosa kata dan ejaan kalimat yang baik. Ada yang membuat judul cuma satu kata sehingga berimbas pada panjangnya URL dan data struktur permalink yang dibangun oleh judul itu. Tetapi ada juga yang membuat judul super panjang sehingga membuat seacrh engine bingung menelusuri key-word yang dimaksud dalam postingan.

2. Label Posts yang Relevan
Sobat blogger tentu sudah paham peranan label dalam setiap postingan, namun yang mesti dicatat adalah jangan menempatkan label terlalu banyak pada setiap post. Label digunakan untuk memudahkan pengunjung blog yang memerlukan artikel sesuai dengan keinginan, maka letakkan post di dalam label yang sesuai muatan isinya. Sedangkan, banyak juga blogger tidak menampilkan label di halaman blognya, tentu dengan berbagai alasan terutama mempengaruhi kecepatan loading.

3. Postingan Terkait / Related Post
Pada template terkini yang modern dan SEO friendly biasanya telah menempatkan Related Post sebagai bagian penting dari laman blog. Related Post dapat menjadi navigasi dan pemberi informasi akan artikel lain yang juga ada di dalam blog kita. Hal yang perlu ditambahkan adalah dengan memberi hiasan sedikit agar paling tidak widget postingan terkait mencolok dan menarik minat pengunjung. Kemudian upayakan juga responsive terhadap beragam tampilan blog yang kini dapat diakses baik HP, Tablet dan lainnya.

4. Originalitas Gambar dalam postingan
Tidak dipungkiri jika gambar yang asli dan sesuai dengan key word postingan akan meningkatkan lalu lintas blog. Maka hindari copas gambar terutama dari laman web yang tidak untuk umum dan andai pun itu hasil copas jangan malu sertakan identitas / link sumbernya. Sertakan kalimat atau keterangan penjelas tentang gambar yang sesuai dengan isi postingan, gunakan kolom teks alt pada gambar. Ingat jangan terlalu banyak menempatkan gambar pada sebuah postingan serta jangan menggunakan gambar beresolusi tinggi karena memperlambat loading blog.

5. Pasang dan Respon Komentar blog
Kolom komentar disediakan tentu ada maksud dan tujuan, maka betapa bijak jika anda mengijinkan pengunjung untuk berkeluh kesah atau memberi tanggapan apa saja pada akhir postingan. Selain itu, upayakan memberi tanggapan balik jika itu memang penting. Dengan demikian pengunjung akan merasa ada komunikasi aktif dan silaturahmi yang terjalin antara admin dan pengunjung blog. Namun harus diwaspadai perilaku SPAMMER yang gemar meninggalkan link aktif di kolom komentar, karena link-link tersebut dapat merusak SEO blog anda.
Cara Meningkatkan Blog SEO friendly
Picture by Google

Demikian 5 Hal yang dapat dilakukan untuk Mengoptimalkan Trafik dan lalu lintas ke blog berdasarkan tuntunan SEO friendly. Tentu masih banyak tuntunan lain yang tidak dapat ditinggalkan dalam hal SEO, namun 5 hal ini setidaknya dapat menjadi dasar sebelum menyelami lebih jauh seluk beluk dunia Blog yang SEO.