Suara Islam Menebar Rahmat

IQROZEN | Sedih rasanya ketika mencuat kasus pemblokiran media Islam yang disinyalir menebarkan ajaran radikal. Protes pun datang dari masyarakat yang merasakan manfaat atas keberadaan media-media Islam tersebut. Sepakat jika setiap yang berbau radikal dan mengancam keutuhan NKRI harus ditindak tegas, termasuk situs apapun itu. Namun tentu harus jelas batasan yang dimaksud radikal dan kriteria apa saja yang masuk kategori radikal. Lihat dulu KRITERIA MEDIA RADIKAL MENURUT BNPT.

Tidak sepatutnya asal blokir sehingga menimbulkan gejolak pada masyarakat yang telah puluhan tahun merasakan manfaat dari keberadaan media Islam itu sendiri. Setidaknya mengkonfirmasi dan memeriksa muatan yang ada dalam sebuah situs sebelum diblokir, paling tidak ada proses tabayun. Apabila terbukti isinya provokatif dan cenderung menebarkan paham yang sesat sudah seharusnya diblokir, termasuk situs-situs dewasa yang merusak akhlak generasi bangsa.

Suara Islam dalam Indahnya Dakwah 

Kembali pada topik, dakwah Islam yang berkembang sejak zaman Rasulullah Saw telah terbukti jauh dari kesan radikal. Rasulullah sendiri dalam banyak hadisnya telah menyerukan bahwa metodologi dakwah Islam harus santun dan memberi hikmah yang baik.

Hal ini telah dipertegas Allah dalam firmannya, "Serulah (manusia) kepada jalan Rabbmu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Rabbmu, Dialah yang lebih mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk." [QS. An-Nahl:125].
Suara Islam dalam Kajian Kontemporer
By IQROZEN
Jelaslah bahwa Suara Islam yang disampaikan sejak zaman nabi membawa misi kedamaian dan kebenaran. Dakwah Islam sesungguhnya menyerukan kabar gembira dan menebarkan rahmat bagi seluruh alam. Inilah mengapa Allah mengutus Rasulullah untuk menyebarkan Islam di muka bumi ini. Hal ini sebagaimana firman Allah dalam Alquran surat Al-Anbiya ayat ke-107, yang artinya: “Kami tidak mengutus engkau, Wahai Muhammad, melainkan sebagai rahmat bagi seluruh manusia

Dan Kajian Islam Kontemporer telah membuktikan indahnya ajaran Islam yang melingkupi segala aspek kehidupan seluruh makhluk di dunia. Sehingga apabila ditemukan dakwah yang mengatasnamakan Islam sementara metodenya adalah menebarkan kebencian maka itu sangat jauh dari tuntunan dakwah yang telah diwariskan Rasulullah Saw.

Inilah sekiranya renungan kita menyikapi pentingnya dakwah Islam yang bijak agar upaya membumikan Kalimatullah dapat diterima semua insan tanpa kekerasan. Gema Islam di muka bumi telah terbukti mampu menyelamatkan umat manusia dari kehancuran dan kebodohan zaman, maka sudah menjadi kewajiban kita semua sebagai umat Islam untuk kemabli ke jalan yang telah dirintis Rasulullah dan para sahabat...