Cara Jitu Lulus Tes CPNS Terbukti Jujur

iqrozen.blogspot.com | Banyak orang yang memimpikan menjadi seorang PNS (Pegawai Negeri Sipil) dengan alasan sederhana, yakni ingin mendapat penghasilan tetap dan jaminan hidup di hari tua. Sehingga tak jarang orang-orang yang melakukan apa saja untuk mencapai hasilnya, salah satunya menjadi PNS. Tidak dapat dipungkiri setiap tahunnya ada banyak pelanggaran ketika seleksi penerimaan PNS dibuka, oleh karenanya untuk penerimaan CPNS mulai 2013 yang lalu pemerintah telah menerapkan mekanisme Computer Assisted Test (CAT) untuk seleksi penerimaan CPNS.

Tips Lulus Tes CPNS

Lalu, bagaimana agar dapat LULUS dengan mudah namun tetap jujur saat mengikuti CAT CPNS? Sekiranya triks dan tips berikut dapat bermanfaat bagi saudara yang ingin mencoba nasib menjadi PNS. Bacalah dengan seksama triks dan tips di bawah ini agar tidak gagal saat mengaplikasikannya.
  1. Persiapkan diri dengan baik dan serius. Seleksi CAT CPNS bukanlah tes biasa seperti saat di bangku sekolah dulu, karena menjadi penentu apakah seseorang layak mengabdi pada negara. Langkah awal yang harus dipersiapkan adalah menguasai semua materi dan menambah wawasan sejak dini agar tidak blank saat menghadapi CAT CPNS.
  2. Kuasai materi CAT CPNS. Ada baiknya saudara mencari kisi-kisi soal terkait tes CPNS yang banyak beredar baik cetak maupun online atau mengikuti beberapa bimbingan cara masuk PNS dari lembaga resmi negara. Salah satu TKD CPNS yang telah disosialisasikan adalah karakteristik pribadi, intelegensia umum dan wawasan kebangsaan. Sudah barang tentu orang yang menguasai materi tersebut memiliki kemampuan di atas rata-rata bila dibandingkan dengan pelamar CPNS lainnya.
  3. Hindari berpikir gagal lagi dan gagal lagi. Lumrahnya manusia memiliki kekhawatiran pada apapun termasuk pola pikir takut akan kegagalan. Berpikir gagal ini menjadi bumerang bagi kesiapan yang sudah ada karena sama halnya dengan mendoktrin diri untuk melakukan kegagalan. Akibatnya, mereka yang suka berpikir gagal akan ragu dan senantiasa bimbang ketika mengerjakan soal atau tugas apa pun itu.
  4. Meminta restu orang tua dan siapa saja. Langkah ini terbilang sederhana tetapi berat dilakukan karena faktor gengsi dan lain sebagainya. Doa restu tidak cukup dalam hati dan tidak hanya ayah-bunda, banyak orang yang memiliki kharomah yang ketika berdoa kemungkinan besar dikabulkan sang pencipta.
  5. Percaya diri. Yakinlah pada kemampuan diri sendiri bahwa apa yang telah disiapkan dan dianugerahkan pada diri ini selalu bermanfaat. Dengan kepercayaan diri atas kemampuan akan menghilangkan keraguan dan rasa ketidak-mampuan pada soal atau tugas yang diberikan. Asalkan jangan berlebihan PD sementara tidak memiliki persiapan yang cukup.
  6. Berdoa. Mungkin ini kekuatan terselubung yang dahsyat apabila mampu dilakukan dengan kekuatan hati yang bersih dan ikhlas. Berdoa kepada Sang Pengatur Kehidupan merupakan keniscayaan bagi setiap insan selain dirinya melakukan ikhtiar. Karena sejauh apa pun usaha seseorang jika Allah tidak berkehendak, maka ajaib akan berhasil. Sebaliknya, Allah akan mengubah nasib siapa pun jika dirinya benar-benar ingin merubah nasib dengan upaya dan keseriusan. Baca juga Dahsyatnya Doa Ibu.
Berikut beberapa tuntunan doa yang dianjurkan Rasulullah SAW dalam menghadapi ujian apapun:
  • Allaahumma laa sahla illaa maa ja’altahu sahlan wa anta taj’alul hazna idzaa syi’ta sahlan. (Ya Allah! Tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah. Sedang yang susah bisa Engkau jadikan mudah, apabila Engkau menghendakinya) [Shahih Ibnu Hibban no. 2427]
  • Rabbi zidnii ‘ilmaa. (Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan) [QS. Thaahaa : 114]
  • Hadis Rasulullah SAW, yang artinya, “Sungguh, apabila aku membaca: ‘Subhaanallah, walhamdulillaah, walaa ilaaha illallaah, wallaahu akbar’. Adalah lebih senang bagiku dari apa yang disinari oleh matahari terbit." (Shahih Muslim no. 2072)
Demikian rangkuman yang terposting sebagaimana berdasar pada realitas kehidupan dan melihat beberapa sumber yang menyebutkan cara-cara seseorang meraih sukses dunia dan selamat di akhirat.
Ilustrasi Lembar Soal Tes CPNS
SOAL TES CPNS
Bagi saudara yang ingin LULUS TES CPNS, sekali lagi luruskan niat dan banyak-banyaklah melakukan persiapan yang antara lain telah disebutkan di atas. Bila ada cara lain yang belum tercantum silakan tambahkan di kolom komentar agar postingan ini lebih lengkap dan bermanfaat. Semoga Berhasil!!!