logo blog
Contact Me
SELAMAT DATANG DI LAMAN IQROZEN
Media online yang berisi trending topics, tutorial blog, cara sukses adsense,
artikel kesehatan, info selebriti, opini Islam, wacana pendidikan, berita olahraga dan teknologi komputer.

Cara Bijak dan Cerdas Menyambut Ramadhan Menurut Rasulullah SAW


IQROZEN | Cara Bijak dan Cerdas Dalam Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan. Sebentar lagi umat Islam akan memasuki bulan suci yakni bulan Ramadhan yang bersamaan dengan diwajibkan bagi orang-orang yang beriman untuk menunaikan ibadah puasa. Ahlan wa sahlan yaa Ramadhan, kami sungguh merindukanmu. Hal ini dikarenakan pada bulan Ramadhan Allah melipat-gandakan pahala, dan di dalamnya terdapat satu malam yang nilainya setara dengan ibadah  selama 1000 bulan. Kemudian, pada bulan Ramadhan juga terdapat malam Nuzulul Qur'an atau malam diturunkannya ayat-ayat suci Al-Qur'an. SIMAK : Fakta Al-Qur'an Pedoman Hidup Manusia Sepanjang Zaman.

Bagaimana Cara Bijak dan Cerdas Menyambut Ramadhan?

Banyak umat Islam yang sibuk menyambut datangnya bulan Ramadhan namun tidak sesuai dengan tuntunan Rasulullah. Misalnya dengan berbelanja berlebihan dengan alasan persiapan untuk sebulan selama Ramadhan yang dimungkinkan harga pasar melonjak naik. Ada juga yang membuat acara sesajen dan ritual mistik di tempat yang dikeramatkan.

Padahal tradisi itu semua belum ada dalil sahih yang menyebutkan pernah dilakukan di zaman Rasulullah. Masa Rasulullah dan para sahabat ketika menyambut Ramadhan adalah dengan memperbaiki niat dan imannya. Bahkan Rasulullah memperbanyak puasa di bulan Sya'ban agar kondisi tubuh tidak kaget ketika berpuasa sebulan penuh di bulan Ramadhan.

Aisyah r.a. berkata: “Tidak kelihatan oleh saya Rasulullah SAW melakukan puasa dalam waktu sebulan penuh kecuali bulan Ramadhan, dan tidak satu bulanpun yang hari-harinya lebih banyak dipuasakan Nabi daripada bulan Sya’ban.” (HR. Bukhari dan Muslim).
Baca juga artikel tentang Puasa Sepanjang Masa.

Selain itu, Rasulullah selalu bergembira dan mengucapkan tahniah "selamat" kepada para sahabat ketika mendekati bulan Ramadhan. Rasulullah memberikan kabar gembira kepada para sahabat setiap kali datang bulan suci Ramadhan, "Telah datang kepada kalian bulan Ramadhan, bulan yang penuh berkah. Allah telah mewajibkan kepada kalian untuk berpuasa. Pada bulan itu Allah membuka pintu-pintu surga dan menutup pintu neraka". (HR. Ahmad).

Terakhir, perbanyak bertaubat dan menjauhi segala bentuk dosa sekecil apapun sebagai bentuk persiapan pensucian rohani dalam memasuki bulan yang suci, Ramadhan. Rasulullah bersabda, “Sesungguhnya Jibril ‘alaihis salam mendatangiku, dia berkata : ‘Barangsiap yang mendapati bulan Ramadhan namun tidak menyebakan dosanya diampuni dia akan masuk neraka dan Allah jauhkan dia. Katakan amin (wahai Muhammad). Maka aku pun berkata : Amin.” (HR. Ibnu Khuzaimah dan Ahmad).
Cara yang Tepat Menyambut Bulan Ramadhan
Ilustrasi
Sudah sepatutnya kita umat Islam Cerdas dan Bijak dalam Menyambut datangnya bulan suci Ramadhan, sehingga segala yang dilakukan tidak sia-sia di hadapan Allah. Semoga Ramadhan kali ini kita dapat lebih baik dalam menunaikan ibadah dan dijauhkan dari hal-hal yang merusak rangkaian ibadah selama bulan Ramadhan. Penting bagi para wanita untuk menyimak postingan tentang Tuntunan Berpuasa Ramadhan Bagi Ibu Hamil.

Thank you for visiting my post today.
Post Title : Cara Bijak dan Cerdas Menyambut Ramadhan Menurut Rasulullah SAW
Description : IQROZEN | Cara Bijak dan Cerdas Dalam Menyambut Datangnya Bulan Suci Ramadhan. Sebentar lagi umat I...
Share on FB Tweet G-Plus
Masukkan email dan klik Berlangganan Gratis untuk update postingan dari: Abu Zaini.
Print PDF

atau dengan klik

follow IQROZEN
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »
Copyright © 2014. BLOG IQROZEN - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib | Powered by Blogger | Contact