Dibalik Kematian Nelson Mandela

Nelson Mandela, yang pernah menjadi presiden Afrika Selatan telah berpulang ke Rahmatullah pada usia 95 tahun, tepatnya Kamis, 5 Desember 2013 waktu setempat.

Mandela (95 tahun) meninggal dunia karena mengalami infeksi paru-paru. Sepanjang perawatan, dia sempat tak bisa berbicara karena ada semua selang di mulutnya untuk membersihkan (cairan dari) paru-parunya.

Mandela sempat diperbolehkan meninggalkan rumah sakit pada 1 September dan pulang ke rumahnya di pinggiran Houghton, Johannesburg, setelah hampir tiga bulan dirawat karena infeksi paru-paru. Winnie menyatakan mantan suaminya tak menggunakan alat untuk menyangga hidupnya.

Mandela, yang menghabiskan waktunya selama 27 tahun dalam penjara apartheid sebelum menjadi pemimpin kulit hitam pertama Afrika Selatan, telah mengalami beberapa gangguan kesehatan. Perawatannya di rumah sakit beberapa waktu lalu termasuk paling lama sejak ia bebas dari penjara 1990.

Nelson Mandela memakai Batik
Sungguh tiada lagi yang dapat menjadi juru selamat ketika ajal telah menjemput. Maka, jadilah manusia cerdas yang selalu mengingat mati dan mempersiapkan kebaikan untuk bekal di akhirat. Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun