Ada Apa Dengan Hari Kartini?

iqrozen.blogspot.com | Ada Apa Dengan Hari Kartini? Artikel ini adalah sekelumit perasaan jiwa yang sempat tertuang dalam tulisan namun kemudian dimuat beberapa media masa yakni Koran Harian Republika dan hidayatullah.com, pada 21 April 2012. Opini sederhana ini sekedar ingin mengkritisi berlebih-lebihannya Peringatan HUT R.A Kartini, seakan-akan tiada lagi pahlawan Wanita di bumi Pertiwi ini. Lihat juga Daftar Artikel Saya di Harian Republika

Ada Apa dengan Hari Kartini?

Sejauh mana peran Kartini dalam mengusir penjajah? Sebandingkah dengan perjuangan Cut Nyak Dien, Tengku Fakinah, Cut Mutia, Pecut Baren, Pocut Meurah Intan, dan Cutpo Fatimah yang terjun langsung ikut berperang melawan penjajahan di Aceh?

Coba telusuri sosok Martha Christina Tiahahu yang gigih berjuang bersama Pattimura di Maluku, untuk mengusir pendudukan pasukan Kape (Belanda). Apabila dibandingkan dengan perjuangan Kartini yang hanya sebatas perjuangan lewat tulisan, tentu tidak sebanding dengan perjuangan Martha Christina Tiahahu yang terjun di medan pertempuran. Kodratnya sebagai perempuan tidak menyurutkan semangat juang dalam melawan tentara Kolonial meskipun dilengkapi persenjataan canggih. Namun apa yang kita ketahui saat ini tentang Martha Christina Tiahahu, sangat mungkin generasi sekarang tidak banyak yang mengenal kepahlawanannya.

Ada lagi perempuan perkasa dari timur, Herlina Efendi yang dianugerahi pending Cendrawasih Emas dari pemerintah RI atas jasanya untuk membebaskan Irian Barat dari pendudukan kolonial Belanda. Semestinya nama Herlina familiar dengan generasi kita apalagi mereka yang duduk di bangku pendidikan, kurikulum sejarah idealnya membahas biografi Herlina Efendi secara detail tanpa manipulasi data. Kenyataannya banyak yang tidak kenal dengan seorang Srikandi dari Papua ini, sementara jasa beliau telah ikut mengantarkan Irian menjadi jaya seperti sekarang.

Tinta sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia juga telah menuliskan nama Emmy Saelan sebagai pejuang kemerdekaan RI di Sulawesi Selatan. Bersama-sama R.W. Mongisidi , Emmy Saelan dapat melumpuhkan kekuatan kolonial Belanda yang mempunyai persenjataan lebih baik dengan taktik-taktik cemerlangnya. Bahkan Emmy Saelan berani bunuh diri dengan cara meledakkan granat ditangannya sehingga menewaskan beberapa serdadu Belanda yang ingin menangkapnya.

Seharusnya hari kematian Emmy Saelan ini diperingati secara nasional agar generasi bangsa ini faham arti bunuh diri yang dibenarkan agama. Bukan mati konyol karena bunuh diri dengan alasan putus cinta, banyak utang, pengangguran, hidup miskin dan alasan-alasan lainnya yang tidak substantial.

Uraian tersebut seharusnya mendorong kita semua untuk berpikir cerdas dan bijaksana, sudah tepatkah pemerintah menetapkan 21 April sebagai hari Kartini? Lalu bagaimana dengan pejuang-pejuang perempuan yang telah gugur di medan tempur? Kapan kita dapat mengenang mereka layaknya R.A. Kartini? Bukankah mereka jauh lebih besar pengorbanannya dibanding seorang R.A. Kartini? Silakan cari jawabannya dengan berdasar pada fakta sejarah, dan bukan dogma dari dongeng rekaan Kolonial.

Cara Kartini Meraih Popularitas

Tersohornya R.A. Kartini sebagai penggerak emansipasi wanita Indonesia sangat mungkin terjadi akibat propaganda Orientalis-Belanda yang licik. Hal ini dilihat dari upaya H.H. van Kol, C.Th. van Deventer, Snouck Hurgronje, Estella Zeehandelaar, Ny. Abendanon dan lainnya yang merupakan aktifis Orientalis-Belanda dalam mengekspos curhat Kartini melalui media dan buku-buku untuk menebar pertentangan dan perpecahan (Devide at Impera). Atau juga sebagai ajang akulturasi nilai-nilai budaya Belanda untuk menjamah struktur nilai dan budaya Indonesia agar dapat tunduk bersimpati kepada kolonial Belanda.

Apologetik yang cukup sukses dari bangsa Belanda sehingga sampai sekarang meski hampir seabad Indonesia merdeka, kuku-kuku Kolonialisme masih menancap di tanah air kita ini. Kartini sebagai kader kolonial (karena banyak berhubungan dengan tokoh Belanda saat itu) memiliki kegemaran curhat yang sampai detik ini menjadi budaya generasi bangsa kita.

Sehingga wajar jika Kartini menjadi pahlawan emansipasi karena kegemarannya yang suka curhat. Sesuatu yang tidak dilakukan oleh Malahayati, Dewi Sartika, Rohana Kudus, Laswi, Jo Paramitha, Siti Aisyah We Tenriolle, Nyai Walidah Ahmad Dahlan, Ny. Sunarjo Mangunpuspito dan pahlawan wanita lainnya ketika memperjuangkan kemerdekaan bangsa Indonesia.

Tulisan ini tidak bermaksud memojokkan siapapun, hanya menyayangkan jika popularitas Kartini sebagai pencetus gerakan emansipasi wanita di nusantara me-nafi-kan silsilah perjuangan perempuan lainnya yang jauh lebih prestius sebelum masanya. Karena itu, sangat disesalkan jika flatform perjuangan perempuan Indonesia terbatas pada starting-point seorang sosok Kartini yang gemar curhat melalui suratnya. Sementara Indonesia mempunyai segudang figur pahlawan perempuan yang kuat, piawai, elegan, dan berbagai elemen superioritas lainnya.

Tidak dapat dipungkiri jika bangsa Indonesia saat ini merupakan Negara berpenduduk Islam terbesar di dunia dan sekaligus menjadi musuh utama Yahudi, doktrin kesetaraan gender yang dibungkus emansipasi wanita gencar dilakukan demi kehancuran umat dan bangsa ini. Peringatan hari Kartini telah digunakan kaum feminisme sebagai momentum kebebasan wanita dari aturan hidup Sang Pencipta. Salah satu upaya nyatanya adalah isu-isu RUU KKG (peraturan kesetaraan gender) yang diusung kaum feminisme demi mewujudkan kesamaan untuk memperoleh akses, partisipasi, kontrol dan manfaat antara perempuan dan laki-laki dalam semua bidang kehidupan.

Kesetaraan gender inilah senjata ampuh dalam menjajah Indonesia di era modern sekarang, karena bila RUU KKG ini disahkan maka akan hilang institusi Negara kita. Hilangnya institusi melumpuhkan fungsi-fungsi struktural dalam suatu lembaga pemerintahan, sehingga kehancuran bangsa tidak dapat terhindarkan. Dan Rosulullah SAW telah mengingatkan dalam hadistnya, yang artinya : “Wanita itu tiang Negara, dan jika baik wanitanya maka jayalah Negara tersebut. Sebaliknya jika buruk wanitanya maka hancurlah Negara tersebut.” Relakah kita jika Indonesia ini hancur atau dijajah lagi?

Strategi Belanda dalam melumpuhkan generasi bangsa kita sudah memasuki berbagai lini kehidupan. Selain paham gendernya yang terus merebak kini, sejak dahulu Belanda juga melakukan ‘pembaratan’ pejabat elite pribumi melalui dunia pendidikan. Masyarakat Indonesia yang mayoritas beragama Islam memiliki idealisme yang tinggi, sehingga aktifis Orientalis-Belanda memanfaatkan keragaman adat dan asosiasi kebudayaan yang ditopang oleh pendidikan Barat untuk melemahkan idealisme tersebut. Hasilnya, fakta sejarah bangsa kita banyak yang berisi rekayasa dengan tokoh-tokoh pribumi yang telah menjadi boneka Orientalis-Belanda.

Itulah strategi dan taktik nyata penjajah untuk menaklukkan bangsa kita. Bahkan jika kita cermati, strategi mereka kini semakin canggih dilakukan. Kader-kader orientalis dari kalangan ‘saudara kita’ sudah berjubel dan bergentayangan di mana-mana. Hegemoni bangsa kita yang silau dengan peradaban Barat, langsung atau tidak langsung menyeret kita ke bawah orbit peradaban yang sekuler. Sangat ironis, jika ada yang tidak sadar bahwa label kepahlawanan semu mampu merusak pola pikir generasi bangsa, dan pada saat yang sama kita tetap mengelu-elukan pahlawan-pahlawan tersebut atas perjuangan yang tiada noktahnya jua.

Lihat remaja putri atau kaum perempuan saat ini, kehidupan yang bebas telah menyeret sebagian besar mereka dalam kubangan sex bebas, aborsi, mabuk-mabukan, diskotik, mengumbar aurat, serta kehidupan hedon lainnya. Bagi wanita karir yang kebetulan sukses dengan gampangnya bergonta-ganti suami atau berselingkuh karena merasa telah berjasa menghidupi diri dan keluarganya. Apakah ini yang dinamakan produk emansipasi perempuan? Pantaskah bangsa Indonesia yang memiliki norma budaya luhur mengadopsinya?

Distorsi sejarah bangsa Indonesia sudah membentur tembok krusial dan saatnya direformasi jika tidak ingin kita terus berada dalam dongeng klasik karya Orientalis-Belanda. Generasi saat ini menanti dan merindukan pencerahan nasional demi membuka wawasan berpikirnya membangun bangsa berperadaban. Dan kurikulum pendidikan nasional memikul tanggung jawab besar dalam proses aufklarung tersebut, karena bangku pendidikan adalah tempat mendoktrin pemikiran yang efektif.
Dibalik Peringatan Hari Kartini
Picture by epaper republika
Sekali lagi tulisan ini tidak ingin melukai perasaan siapapun, penghargaan tetap kita berikan kepada Kartini baik yang terdahulu maupun Kartini-kartini masa kini atas jasanya pada umat. Yang terpenting tidak ada lagi diskriminasi hari atau apapun yang hanya meng-khusus-kan pada seseorang, walau sebesar apapun pengorbanannya. Karena besar-kecilnya jasa seseorang telah dan akan mendapat imbalan yang sesuai oleh Allah yang maha adil baik di dunia maupun di akhirat kelak.