Inilah Tiga Pilar Menyambut Datangnya Bulan Ramadhan

Marhaban yaa Ramadhan... Bulan suci Ramadhan telah di depan mata, bulan dimana diwajibkannya orang-orang yang beriman untuk berpuasa, sekaligus menjadi ajang menempa diri untuk meraih gelar Muttaqin.  Pada bulan ini juga wahyu Allah yang berupa ayat-ayat al-Qur’an diturunkan ke muka bumi. Selain itu, terdapat Lailatul Qadr didalamnya, yakni satu malam yang lebih baik dari seribu bulan. Maka, bergembiralah kita sebagai umat Islam dalam menyambut datangnya bulan Ramadhan yang penuh dengan keberkahan ini.
Baca juga artikel tentang Tuntunan Ibu Hamil Berpuasa Ramadhan.


Persiapan Menyambut Ramadhan

Beberapa hal yang semestinya kita prioritaskan demi mencapai kesempurnaan ibadah puasa kali ini diantaranya:
1. Luruskan niat. Menurut Imam al-Munawi, ikhlas itu usaha seseorang untuk membersihkan hati dari segala hal yang mengotorinya. Sedangkan Imam al-Jurjani menyatakan bahwa ikhlas itu tidak mengharapkan adanya saksi selain Allah SWT. Selain itu, bila ditinjau berdasarkan asal-usul katanya, ikhlas berasal dari bahasa Arab, yaitu khalasha yang artinya bersih, murni dan sehat. (Ibnul Manshur dalam kamus Lisanul ‘Arab).
2. Bertaubat dan tinggalkan maksiat. Betapa rugi orang-orang yang berpuasa menahan lapar dan dahaga, tetapi dirinya masih berbuat maksiat. Sebagaimana dalam haditsnya, Rasulullah SAW bersabda, ”Barangsiapa yang tidak meninggalkan perkataan dusta dan beramal dengannya maka tidak ada bagi Allah kepentingan terhadap puasa (yang sekedar meninggalkan makan dan minum.” (Riwayat Bukhari).
3. Memahami hukum dan ilmu puasa.  Hal ini sangat dimungkinkan karena masih banyak umat Islam yang berpuasa Ramadhan, hanya sebatas ritual tahunan. Tidak jarang umat Islam yang berpuasa namun tidak memahami ilmu dan aturan dalam berpuasa.

UNTUK LEBIH LENGKAP BACA ARTIKELNYA DI http://haluankepri.com/opini-/48887-meraih-sukses-ramadhan.html
Demikianlah sekiranya beberapa pilar penting sebagai bagian dari strategi untuk meraih hasil yang optimal dalam menjalankan ibadah puasa. Semoga Allah berkenan memasukkan kita semua ke dalam golongan hamba-hambanya yang Muttaqin. Salam Sukses Ramadhan.