Penting! Ibu Hamil Sebaiknya Hindari Makanan ini Saat Berbuka Puasa

IQROZEN | Rangkaian ibadah puasa di bulan Ramadhan memang terasa berat terlebih bagi kaum wanita yang sedang hamil dan menyusui. Namun rahmat Allah sangatlah besar sehingga disiapkan panduan khusus bagi mereka yang menjalani puasa dengan berbagai kesulitannya. Baca Golongan Manusia yang Boleh Tidak Berpuasa.

Kali ini pembahasan seputar Panduan Puasa Bagi Ibu Hamil dan Menyusui nampaknya penting untuk disimak agar rangkaian ibadah di bulan Ramadhan dapat berjalan lancar dan kita tetap dalam kondisi yang baik tanpa kekurangan satu apapun. Termasuk jenis makanan yang sehat bagi ibu hamil sehingga tidak mengganggu perkembangan janin yang sedang dikandung.

Makanan yang Sebaiknya Dihindari Ibu Hamil Saat Berbuka Puasa

Gizi yang diasup oleh ibu hamil akan mendukung perkembangan awal janin. Gizi yang baik didapat dari asupan makanan seimbang setiap harinya. Selama masa kehamilan, ibu membutuhkan gizi yang seimbang melebihi perempuan pada umumnya. Namun, di bulan Ramadan, waktu makan normal akan berubah polanya.

Kondisi ini sebetulnya bukan penghalang bagi ibu hamil untuk berpuasa, sepanjang hasil pemeriksaan menyatakan ibu hamil dan janin di rahimnya sehat. Gangguan yang dikhawatirkan bila ibu hamil berpuasa adalah risiko ketidakstabilan gula darah, yang bisa mengakibatkan kadar gula darah di bawah normal.

Selain itu, menurut Frizar Irmansyah, dokter spesialis kandungan dari Rumah Sakit Pusat Pertamina, kekurangan cairan juga kondisi yang dikhawatirkan ketika ibu hamil berpuasa. “Ibu hamil akan menjadi sangat lemas dan tidak kuat karena kekurangan cairan,” kata Frizar.

Oleh sebab itu, Frizar menyarankan agar saat berbuka puasa, ibu hamil tidak mengonsumsi makanan dan minuman yang bersifat diuretik. “Karena selama berpuasa sudah kekurangan cairan jadi jangan mengonsumsi minuman yang bisa membuat buang air kecil, contohnya kopi,” kata Frizar.

Beberapa makanan dan minuman memang dapat membuat tubuh lebih sering buang air kecil atau bersifat diuretik, kopi salah satunya. Penyebabnya adalah kafein yang terdapat di dalam kopi. Kafein merupakan diuretik alami. Berlebihan mengonsumsi kafein dapat menyebabkan dehidrasi.

Dehidrasi, menurut Frizar adalah kondisi yang berbahaya bagi kesehatan ibu hamil dan bayinya. “Terlebih jika ibu hamil terancam dehidrasi karena diare, muntah-muntah, keringat dingin,” lanjutnya.

Mengonsumsi makanan yang bisa menyebabkan diare juga sebaiknya dihindari. “Yang bisa dipilih adalah buah-buahan dan sayuran yang bisa melembabkan, seperti jeruk, wortel, alpukat, dan bayam,” kata Frizar. 

Sangat penting bagi ibu hamil menjaga tubuhnya dari dehidrasi. Sebab, pada masa kehamilan, kebutuhan tubuh akan air akan meningkat melebihi manusia pada umumnya. Dikutip dari :
http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20150624145438-255-62106/makanan-yang-sebaiknya-dihindari-ibu-hamil-saat-berbuka-puasa/
Wanita Sholeha Hamil Berpuasa Ramadhan
wanita hamil