logo blog
SELAMAT DATANG DI LAMAN IQROZEN
Assalaamu'alaikum Wr. Wb. Terima kasih atas kunjungannya
Semoga laman sederhana ini mampu menjadi wadah silaturrahim yang diberkahi
dan isinya memberi manfaat untuk banyak orang.

Segala Hal Tentang Shalat Tarawih

iqrozen.blogspot.com | Cukup banyak pembahasan tentang shalat Terawih, berikut beberapa di antaranya yang dapat terangkum di dalam blog ini. Semoga dapat menjadi petunjuk dalam upaya memaksimalkan ibadah selama di bulan Ramadhan. Baca juga artikel sebelumnya terkait Tiga Hal Menyimpang dalam Memahami Ramadhan.

Dari Aisyah bahwa Rasulullah s.a.w. pada suatu malam (di bulan Ramadhan) mendirikan sholat, lalu datang orang-orang pada berikutnya ingin sholat bersama beliau). Kemudian datanglah malah ketiga atau keempat dan orang-orang pun sudah berdatangan, namun beliau tidak keluar. Saat pagi datang beliau bersabda:"Aku telah melihat yang kalian lakukan, dan aku tidak keluar karena aku takut sholat itu nantinya diwajibkan kepada kalian". (H.R. Muslim).

Dari Abdurrahman bin al-Qari berkata "suatu malam di bulan Ramadhan aku berjalan bersama Umar bin Khattab melihat-lihat masjid, lalu beliau melihat orang-orang berbeda-beda dalam mendirikan sholat (sunnah), sebagian sholat sendiri, sebagian sholat bersama kelompok kecil. Lalu Umar berkata: "Aku melihat seandainya mereka dikumpulkan di belakang satu qari (pembaca Qur'an) tentu lebih baik. Lalu beliau menganjurkan agar semua sholat di belakang Ubay bin Ka'ab. Kemudian aku keluar bersama Umar pada malam lain dan orang-orang sudah sholat berjamaah di belakang imam satu, lalu Umar berkata:"Inilah sebaik-baik bid'ah, dan sholat yang mereka tinggalkan untuk tidur tetap lebih baik dibandingkan dengan sholat yang mereka dirikan" (maksudnya sholat malam di akhir malam lebih utama dibandingkan dengan sholat di awal waktunya). (Bukhari dan Muslim).


Rasulullah saw menganjurkan kepada kita untuk menghidupkan malam Ramadhan dengan memperbanyak sholat. Abu Hurairah r.a. menceritakan bahwa Nabi saw. Sangat mengajurkan qiyam ramadhan dengan tidak mewajibkannya. Kemudian Nabi saw. Bersabda, “Siapa yang mendirikan shalat di malam Ramadhan dengan penuh keimanan dan harapan, maka ia diampuni dosa-dosanya yang telah lampau.” (Muttafaqalaih).


Berapa Rakaat Shalat Tarawih?
Menurut Imam Ahmad, tidak ada pembatasan yang signifikan dalam jumlah rakaat tarawih, melainkan tergantung panjang dan pendeknya rakaat yang didirikan. Imam Az-Zarqani mengkutip pendapat Ibnu Hibban bahwa tarawih pada mulanya 11 rakaat dengan rakaat yang sangat panjang, kemudian bergeser menjadi 20 rakaat tanpa witir setelah melihat adanya fenomena keberatan umat dalam melaksanakannya. Bahkan kemudian dengan alasan yang sama bergeser menjadi 36 rakaat tanpa witir (lihat Hasyiyah Fiqh Sunnah: 1/195).


Cara Melaksanakan Shalat Tarawih
Hadits Bukhari yang diriwayatkan Aisyah menjelaskan cara Rasulullah saw. melaksanakan shalat malam adalah dengan tiga salam. Jadi, dimulai dengan 4 rakaat yang sangat panjang lalu ditambah 4 rakaat yang panjang lagi kemudian disusul 3 rakaat sebagai witir (penutup).

Boleh juga dilakukan dengan dua rakaat dua rakaat dan ditutup satu rakaat. Ini berdasarkan cerita Ibnu Umar bahwa ada sahabat bertanya kepada Rasulullah saw. tentang cara Rasulullah saw. mendirikan shalat malam. Rasulullah saw. menjawab, “Shalat malam didirikan dua rakaat dua rakaat, jika ia khawatir akan tibanya waktu subuh maka hendaknya menutup dengan satu rakaat (muttafaq alaih, lihat Al-Lu’lu War Marjan: 432).

Segala Hal Tentang Shalat Tarawih
Nah, itu semua hasil browsing saya di dunia maya terkait Serba-serbi Shalat Tarawih, silakan saudara ambil mana yang haq dan bila ada yang kurang sesuai mohon koreksinya. Semoga ALLAh mengampuni kita semua.
Masukkan email dan klik SUBSCRIBE untuk update postingan dari: IQROZEN.BLOGSPOT.COM.
Print PDF
Selanjutnya
« Prev Post
Sebelumnya
Next Post »

6 Komentar

Di dekat kosan jumlahnya 23 sama Witirnya, Mas. tergantung Iman dan Masjidnya juga yah. beda-beda.

Balas

sungguh ilmu yang sangat bermanfaat sekali mas

Balas

sangat bermanfaat dibulan puasa ini gan, makasih

Balas

Itu juga ada rujukannya kox, silakan pilih yang mana...

Balas

Alhamdulillah, terima kasih sudah mampir..

Balas

Alhamdulillah wa syukron...

Balas

✔ Silakan berkomentar dengan baik karena langsung dipublikasikan.
✘ Mohon tidak meninggalkan SPAM atau link aktif di kolom komentar.
✔ Terima kasih atas komentarnya, semoga menambah manfaat.

Arsip Blog Berdasarkan Kategori / Label

Adsense (9) Berita (84) Cerpen (4) Download (6) Elektro (14) English (13) Fashion (11) Google (9) Hikmah (19) IPTEK (34) Islam (109) Kesehatan (41) Olahraga (64) OPINI (71) Otomotif (7) Picture (8) Review (15) Selebrita (21) SEO (43) Tutorial (35) Video (17)
Copyright © 2014. BLOG IQROZEN - All Rights Reserved | Template by Kompi Ajaib | Powered by Blogger | Contact