Tahukah Anda Apa Saja Yang Merusak Puasa? Ini Penjelasannya

IQROZEN | Apa Saja Yang Merusak Puasa? Pertanyaan ini harus kita ulang setiap berniat untuk menunaikan ibadah puasa, terlebih-lebih puasa wajib di bulan Ramadhan. Harapannya, pertanyaan tersebut akan mengingatkan kita untuk tidak melakukan sesuatu yang dapat merusak ibadah puasa kita. Karena Rasulullah SAW telah memperingatkan para sahabat dan umatnya bahwa banyak orang yang berpuasa tetapi mereka tidak mendapat apa-apa, kecuali lapar dan dahaga. Baca juga Tiga Hal Menyimpang dalam Memahami Ramadhan.

Apa saja yang merusak puasa?

Sudah banyak pembahasan yang menjelaskan bahwa ada beberapa perbuatan yang harus dihindari karena dapat merusak puasa. Namun satu hal yang ingin saya sampaikan pada postingan kali ini adalah perihal ghibah, membicarakan keburukan orang lain. Ghibah sangat mudah dan berpotensi dilakukan oleh siapapun karena tidak memerlukan biaya dan sebagainya. Terutama bagi mereka yang gemar nongkrong atau ngrumpi, saling menceritakan satu dengan lainnya merupakan hal yang biasa. Tetapi awas, jika sedangg berpuasa maka menceritakan keburukan orang lain sangat rentan menghilangkan amalan puasa.

Puasa bukan semata menahan lapar dan dahaga saja, tetapi merupakan sarana untuk meningkatkan ketaqwaan. Oleh karena itu, puasa harus mampu menjadi perisai diri dari kemaksiatan yang dapat mengurangi kualitas taqwa kita. Dan di antara yang patut kita waspadai adalah bahaya ghibah karena dapat merusak perisai taqwa tersebut. Sebagaimana hadis Rasulullah, "Puasa adalah perisai selama tidak dirusakkan." Abu Muhammad menjelaskan maksudnya adalah ghibah." (Riwayat Darimi).

Hal-hal Yang Merusak Puasa
Picture by baltyra.com
Demikian penjelasan singkat saya terkait Ghibah Yang Dapat Merusak Puasa, sekedar pengingat buat kita semua untuk menghindari perbuatan tersebut agar ibadah puasa kita berkualitas. Tentu masih banyak penjelasan lainnya terkait hal-hal yang merusak puasa, namun keterbatasan yang membuat saya hanya mampu mempublish satu hal mengenai Ghibah, semoga bermanfaat.